Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pj Bupati Iip Hidajat Tinjau Daerah Irigasi Penerima DAK Di 3 Titik

For mania mega:



 KUNINGAN – Guna memastikan saluran irigasi dan bendungan mengalirkan air dari sumbernya ke berbagai lahan pertanian. Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd.,  meninjau daerah irigasi penerima Dana Alokasi Khusus (DAK), di tiga titik lokasi, kamis (10/10/2024).

Dalam melakukan peninjauan ini Pj Bupati Kuningan di dampingi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Kuningan Ir. I. Putu Bagiasna, MT., beserta jajarannya dari Bidang Sumber Daya Air (SDA).

Peninjauan di titik pertama dilakukan ke Bendung Mekarmulya Desa Mekarmulya Kecamatan Garawangi, bendung ini di proyeksikan dapat mengaliri lahan pertanian di wilayah Desa Pajawan Kidul dan sekitarnya.

Dilanjutkan dengan peninjauan saluran irigasi yang berlokasi di Desa Tambakbaya, dan dititik terakhir Pj Bupati melakukan peninjauan ke Situ Cihaur.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati menyampaikan bahwa kedepan disetiap desa baiknya mempunyai situ-situ ketika memungkinkan lahan dan ketersediaan sumber airnya, agar ketika menghadapi kekeringan kita mempunyai persediaan air, sehingga pertanian tidak akan terganggu.

“Ketika ada situ-situ kebermanfaatan untuk irigasi pengairan sawah pun ada, selain itu juga akan menjadi tempat rekreasi, sehingga dapat mendongkrak perekonomian disekitarnya,” tambahnya.

Selain itu juga Pj Bupati mengatakan bahwa pembangunan saluran irigasi dan bendung yang telah dilakukan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi para petani untuk mengairi sawahnya sehingga hasilnya bisa maksimal.

“Oleh sebab itu kami melihat langsung beberapa sungai dan irigasi, karena situ, bendung dan irigasi inilah yang dapat mengatur pengairan agar sawah bisa tetap teraliri air  dan petani bisa bekerja dengan maksimal,” pungkasnya. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close