Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pj Bupati Hadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Tingkat Kecamatan Cilebak sebanyak 7 (tujuh) Desa

For mania mega:


 

KUNINGAN– Pj Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Tingkat Kecamatan Cilebak sebanyak 7 (tujuh) Desa. Bertempat di Balai Desa Cilebak. Rabu (09/10/2024).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Staf ahli Bid. Kemasyarakatan dan SDM, Dr. H. Edi Martono, MARS, Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Jajaran Forkopimcam dan masyarakat kecamatan Cilebak

Dalam sambutanya Camat Cilebak Sutarno, S.Sos menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Daerah yang telah berkunjung ke Kecamatan Cilebak dalam rangka Deklarasi Open Defecation Free (ODF). Di kecamatan Cilebak saat ini dengan segala upayanya telah menerapkan perilaku bersih dan sehat dan menyadarkan masyarakat dengan buang air besar di jamban yang layak.

Sementara itu Pj Bupati menerangkan bahwa aspek kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat, semakin tinggi dan terjamin kesehatan masyarakat maka semakin tinggi pula kesejahteraannya, kesehatan masyarakat berkaitan erat dengan kesehatan lingkungannya, lingkungan yang sehat dapat mendukung kesehatan masyarakatnya.

ODF ini secara langsung dapat menurunkan tingkat kesakitan di masyarakat dan kasus stunting dengan menerapkan 5 pilar sanitasi total berbasis masayarakat diantaranya stop buang air semabarangan, mencuci tangan dengan sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar dan pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencamari lingkungan.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh kepala desa, perangkat desa, dan masyarakat di kecamatan Cilebak, kepada Camat Cilebak serta kepala UPTD Puskesmas beserta jajarannya dan Pokja STBM Kecamatan Cilebak yang dengan segala upayanya berhasil melaksanakan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat(BagProkompim/SetdaKuningan).

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close