Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pimpin Apel Pembersihan Sungai Irigasi; Pj Bupati Kuningan Launching Aksi Si Pesat-BEM

For mania mega:


 


KUNINGAN – Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd bertindak sebagai pemimpin apel pada kegiatan Karya Bakti (pembersihan Sungai irigasi) di wilayah Kecamatan Luragung, Rabu (02/10/2024).

Didampingi Dandim 0615 Kuningan, Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan, S.Sos, peserta kegiatan terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD, organisasi Masyarakat dan anak-anak pelajar yang berlangsung di Lapangan Sepak bola Desa Cirahayu.

Kegiatan pembersihan Sungai irigasi ini juga melibatkan 5 Pemerintah desa yang dialiri Sungai tersebut. Yakni Desa Cirahayu, Desa Margasari, Desa Luragung Tonggoh, Desa Sindangsuka dan Desa Luragung Landeuh.

Dalam arahannya, Pj Bupati Kuningan menginginkan agar kegiatan ini bukan hanya sekedar aksi simbolis, tetapi merupakan wujud nyata dari kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekaligus sebagai upaya mewujudkan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

“Sungai dan daerah irigasi Luragung yang kita bersihkan hari ini adalah salah satu aset berharga yang harus kita jaga bersama. Dengan semangat gotong royong, mari kita bersihkan sungai ini dari sampah dan berbagai macam limbah. Saya yakin, jika kita semua bersatu padu, kita dapat mengembalikan kejayaan sungai ini” Seru Iip Hidajat memberikan semangat kepada peserta aksi kegiatan.

kegiatan ini  merupakan kolaborasi dari pihak Kodim 0615 Kuningan yang bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan dalam rangka memperingati HUT TNI ke 79.

Dimana pada kesempatan tersebut juga dilaunching Aksi Si Pesat – BEM yang merupakan aksi perubahan peserta diklat PKA angkatan III PPSDM Regional Bandung, yakni Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUTR Kabupaten Kuningan, Rismunandar,S.Hut.,M.Si.

Si Pesat – Bem merupakan strategi pengembangan dan pengelolaan sumber daya air secara terintegrasi berbasis masyarakat. Program ini menekankan pada pentingnya keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dalam setiap tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan program pengelolaan sumber daya air dalam menghadapi tantangan terkait pengelolaan sumber daya air, seperti kekeringan, banjir, dan pencemaran.

Selepas apel, dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Bersama dari segenap unsur TNI, Polri, Pemerintah Desa dan Kabupaten yang menyepakati untuk bersama-sama secara gotong royong dalam melaksanakan operasi dan pemeliharaan pada Sungai dan daerah irigasi juga terkait dengan penanganan sampah disekitaran aliran Sungai. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close