Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Lomba Karya Tulis ‘Inkubator Literasi Pustaka Nasional’ Dari Perpusnas di Gelar di Kuningan; Upaya Meningkatkan Literasi Masyarakat

For mania mega:


 


KUNINGAN – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan Kabupaten Kuningan telah menggelar lomba karya tulis “Inkubator Literasi Pustaka Nasional” (ILPN) yang terbuka secara umum untuk masyarakat Kabupaten Kuningan.

Lomba telah dimulai sejak tanggal 02 September 2024 lalu. Terpilih 15 karya terbaik dari berbagai profesi, mulai dari tenaga pendidik, ASN, insan pers, mahasiswa dan masyarakat umum.

Sabtu (10/05/2024) bertempat di ruang rapat linggajati Sekretariat daerah Kabupaten Kuningan, digelar workshop bagi 15 peserta yang telah lolos seleksi tersebut sebagai salah satu tahapan kegiatan dan penilaian untuk menentukan juara.

Mengusung tema penulisan “Kearifan Lokal Sebagai Warisan Masa Depan” Kabupaten Kuningan terpilih dari 10 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dalam pelaksanaan ILPN yang diselenggarakan oleh Perpusnas tersebut. Tahun ini, lomba karya tulis ILPN telah diselenggarakan sebanyak 5 kali, dimana sebelumnya juga menjangkau Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya di Indonesia.

Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd mengucapkan selamat kepada 15 penulis yang terpilih dari puluhan karya yang mengikuti lomba.

“Selamat saya ucapkan kepada 15 penulis terpilih. Semoga semangat menulis ini dapat diikuti oleh segenap masyarakat sebagai upaya kita bersama meningkatkan literasi daerah” Ujar Iip.

Pada kesempatan tersebut, Iip Hidajat, sapaan akrab Pj Bupati Kuningan juga berkesempatan memberikan paparan mengenai buku yang pernah ditulis olehnya berjudul “Akar” yang diterbitkan pada tahun 2023.

“Akar merupakan sebuah buku tentang model kepemimpinan dengan kearifan lokal khas Jawa Barat, dimana saya menjadikan Prabu Siliwangi sebagai role model kepemimpinan masa lalu. Akar merupakan akronim dari Adil Linuhung, Karismatik, Atikan dan Rancingeus” Papar Iip.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Perpusnas Press, Edi Wiyono, S.Sos., M.Tr.AP, menyebutkan bahwa Inkubator Literasi Pustaka Nasional ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan budaya literasi.

“Kita harapkan budaya membaca yang kemudian diikuti dengan budaya menulis dapat semakin meningkat di Indonesia. Sehingga terbentuknya penguatan literasi masyarakat. Ditunjuknya Kuningan karena kami merasa bahwa Kuningan layak untuk dijadikan satu porsi lokasi literasi, meskipun memang Jawa Barat menjadi provinsi teratas dengan Kabupaten/Kota yang kami pilih, sebelumnya ada di ciamis dan tasikmalaya” Ujar Edi.

Total keseluruhan karya yang mengikuti Inkubator Literasi Pustaka Nasional sebanyak 65 karya. 15 karya terbaik mengikuti workshop menulis dengan pengembangan karya tulis sebelum akhirnya dicetak menjadi sebuah buku. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close