Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Tembakau Khas Kuningan Teregister Varietas Lokal Unggul; Pj Bupati Kuningan Tinjau Proses Produksi Langsung

For mania mega:


 

KUNINGAN – Beberapa waktu lalu, Varietas tembakau lokal Kuningan telah di daftarkan dan mendapatkan sertifikasi tanda daftar varietas lokal unggul yaitu varietas tembakau molegede dan tembakau paliken oleh Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Melihat potensi ini, pada Senin sore (02/09/2024) Penjabat Bupati Kuningan, Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, Mpd meninjau kebun tembakau khas Kuningan tersebut yang berlokasi di Desa Karanganyar Kecamatan Darma.

Didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dr Wahyu Hidayah, Iip Hidajat menyebutkan bahwa dengan memiliki sertifikat pendaftaran, dapat menjamin kualitas dan keaslian varietas tembakau lokal, sehingga dapat menarik minat lebih banyak pembeli dan meningkatkan nilai jual produk.

Karenanya Iip Hidajat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dalam upaya meningkatkan kualitas produk pertanian dan mendukung para petani tembakau.

Pada peninjauan tersebut, hIip Hidajat berkesempatan melihat proses tembakau mulai dari panen, rajang, dikeringkan hingga hasilnya di jual.

“Peminatnya sudah banyak dan antri. Namun kendalanya adalah bagaimana kita dapat memperbanyak produk tembakau ini. Karenanya saya mendorong kepada Pak Kadis dan Camat untuk menyediakan lahan agar masyarakat lebih banyak menanam pohon tembakau”

Tantangan ini ditemukan di lapangan karena banyak masyarakat muda yang menjadi regenerasi petani tembakau banyak yang keluar kota untuk merantau.

“Tantangan ke depan adalah bagaimana menarik minat para generasi muda untuk mau menanam tembakau meregenerasi angkatan yang sudah sepuh. Mudah-mudahan dengan pendaftaran varietas lokal ini tembakau ini menjadi kebanggan Kuningan” Ujar Iip. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close