Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pj. Bupati Tinjau Situs Batu Karut Awirarangan

For mania mega:


 

KUNINGAN – Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd., hadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H, yang di laksanakan oleh  Padepokan Cimande Awirarangan, dengan mengusung tema  Ngaraksa – Ngariksa Hulu Cai, bertempat di wilayah Blok Batu Karut Kelurahan Awirarangan, Jum’at (13/09/2024).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan oleh  Padepokan Cimande Awirarangan ini, diperingati dengan cara melakukan pembersihan balong Cai kawedukan Batu Karut, yang memiliki nilai sejarah.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati menyampaikan apresiasinya kepada warga batu karut Awirarangan yang telah secara mendiri telah melakukan pembersihan di wilayah ini yang merupakan peninggalan dari para “Karuhun”.

“Sesungguhnya kita semua ini ingin melestarikan peninggalan dari para leluhur kita, apa lagi ditempat ini ada nilai historisnya, memang di Kuningan itu banyak sekali peninggalan peninggalan sejarah dan saya berfikir bahwa kuningan itu sudah memilki peradaban sejak lama, oleh karena itu inilah yang akan kita kembangkan dan kita lestarikan”, ujar Pj Bupati.

Lebih lanjut Pj Bupati mengajak untuk menjaga dan melestarikan peninggalan para leluhur kita, kita hari ini ada dikarenakan ada yang lebih dahulu ada yaitu para leluhur kita, ketika kita menjaga alam maka alampun akan menjaga kita.

Sementara itu sesepuh warga batu karut Awirarangan menyapaikan sejarah dari batu karut ini jaman dahulunya merupakan situs, menurut cerita para sesepuh dahulu bahwa air disini digunakan oleh orang-orang yang akan menyempurnakan keilmuannya baik kanuragan maupun kedigjayaan.

Selanjutnya dilakukan penaburan air dan bunga kedalam balong Cai Kawedukan oleh Pj Bupati dan para sesepuh warga blok Batu Karut Awirarangan. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close