Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pj Bupati dan Desa Cibuntu Raih Penghargaan Di Ajang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2024

For mania mega:


 

BALI – Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd., menerima penghargaan atas komitem dan dedikasi dalam membina Desa wisata sehingga Desa Cibuntu menjadi juara V dalam lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2024, untuk kategori Maju Mandiri. Penghargaan ini diterima dalam ajang Malam Apresiasi Lomba Desa Wisata Nusantara, Penggerak Swadaya Masyarakat dan Tenaga Pendamping Profesional Tahun 2024, yang bertempat di Renaissance Bali Nusa Dua Resort Kawasan Pariwisata Lot SW 4-5 Nusa Dua, Badung Sabtu (28/09/2024).

Dalam ajang ini selain juara V yang diraih oleh Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan, diraih juga oleh Indra Permana  Juara III untuk kategori Pendamping Desa Inspiratif.

Pada kesempatan tersebut Pj Bupati menyampaikan bahwa yang telah di raih oleh Desa Cibuntu ini merupakan prestasi yang diperlihatkan oleh pariwisata di Kabupaten Kuningan yang membanggakan kita semua, oleh sebab itu mari kita tingkatkan tujuan kunjungan wisata ke Kuningan, agar pariwisata di Kuningan semakin meningkat.

Sementara itu Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Sugito, S.Sos., MH., menyampaikan bahwa tujuan dari Pembangunan Desa adalah untuk mewujudkan Desa yang kuat, maju, mandiri, Sejahtera dan demokratis. Salah satu indikasinya adalah kempampuan Desa dalam mengelola potensi, asset dan sumber daya yang dimiliki, Desa wisata merupakan potensi Desa yang dapat dikembangkan  agar tercipta kemandirian secara ekonomi.

“Lomba Desa Wisata Nusantara ini sebagai bentuk pembinaan agar pengembangan Desa wisata dapat berkelanjutan”, ungkap Sugito.

Sugito mengungkapkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengoptimalisasi kapabilitas Desa menjadi Desa wisata dalam rangka percapatan Pembangunan dan pengembangan Desa untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

Ajang Lomba Desa Wisata Nusantara ini bertujuan untuk mewujudkan Desa yang berbasis desa wisata guna mewujudkan ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan  berkualitas dan berkeadilan, pengembangan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, infrastruktur untuk ekonomi dan pelayanan dasar, peningkatan implementasi pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs) serta indikator-indikator didalamnya pada Desa-Desa di Indonesia, meningkatkan inovasi dan kreatifitas Desa dalam memanfaatkan potensi sumber daya guna mewujudkan Desa wisata yang berdaya saing sebagai salah satu sumber pendapatan asli desa, meningkatkan kinerja kepariwisataan nasional yang berbasis Desa dan kawasan perdesaan, dan mendorong lahirnya Desa wisata percontohan yang dapat mendorong pengembangan Desa wisata baru. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close