Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Upaya Melindungi dan Promosikan Tembakau di Kuningan, Diskatan Lakukan Pendaftaran Varietas Lokal

For mania mega:


 

KUNINGAN – Dalam rangka melindungi dan mempromosikan keunggulan tembakau di wilayah Kabupaten Kuningan, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar acara sosialisasi pendaftaran varietas lokal, Kamis (01/08/2024) bertempat di Aula rapat Diskatan.

Hal ini mengingat karena Kabupaten Kuningan memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, khususnya dalam produksi tembakau.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua Tim Kerja Pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Kementan RI Kemas AF Zakki, SP., MP., Peneliti Ahli Madya Pusat Riset Tanaman Perkebunan (BRIN) Dr. IR. Sesanti Basuki, M.Phil, Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Perkebunan Krisna Gunara, S.Hut., M.Eng, Kepala Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan Anton Nurcholis, SP., MP.

Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, M.Pd dalam sambutannya menyebutkan bahwa  pendaftaran varietas lokal tembakau tersebut bertujuan tidak hanya untuk melindungi kekayaan genetik lokal saja, tetapi juga untuk meningkatkan daya saing produk tembakau Kabupaten Kuningan ke pasar nasional maupun internasional.

“Dengan memiliki sertifikat pendaftaran, kita dapat menjamin kualitas dan keaslian varietas tembakau lokal, sehingga dapat menarik minat lebih banyak pembeli dan meningkatkan nilai jual produk kita. Saya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Diskatan serta para petani tembakau dalam melakukan riset dan pengembangan varietas tembakau lokal ini” tutur Iip, sapaan akrab Pj Bupati Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut Iip mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya para petani tembakau, untuk terus mendukung program tersebut dengan berpartisipasi aktif dalam setiap pendaftaran yang diperlukan.

“Selain itu, saya berharap agar kita semua dapat menjaga dan melestarikan varietas tembakau lokal ini dengan baik. Jangan sampai kekayaan genetik yang kita miliki hilang atau tergantikan oleh varietas dari luar. Kita harus bangga dengan produk lokal kita dan berupaya keras untuk menjadikannya produk unggulan yang dikenal luas” papar Iip.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si mengatakan, bahwa Kabupaten Kuningan memiliki tembakau berkualitas dengan keunikan yang tidak dimiliki oleh varietas dari daerah lain.

“Oleh karena itu, pendaftaran varietas lokal ini merupakan langkah strategis yang sangat penting untuk melindungi dan mempromosikan keunggulan tembakau Kabupaten Kuningan. Adapun varietas tembakau yang hari ini di daftarkan adalah varietas tembakau molegede dan tembakau paliken. Saat ini, tinggal menunggu hasilnya dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Perkebunan”

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, bahwa dengan pendaftaran varietas tembakau lokal ini akan memberikan keuntungan signifikan bagi petani, industri, dan masyarakat secara keseluruhan.

“Mendaftarkan varietas tembakau lokal bukan hanya langkah strategis bagi petani dan industri tembakau, tetapi juga merupakan kontribusi penting terhadap pelestarian budaya dan keanekaragaman hayati. Pendaftaran ini memfasilitasi pengembangan dan memberikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat. Pendaftaran mendorong penelitian dan pengembangan lebih lanjut pada varietas tembakau. Hal ini berpotensi meningkatkan kualitas dan produktivitas tembakau lokal melalui inovasi dan teknologi terbaru. Dan dengan mendaftarkan varietas tembakau lokal, petani dan pengusaha dapat memperoleh pengakuan dan nilai lebih dari produk tembakau. Varietas yang terdaftar dapat menarik minat pasar, meningkatkan daya saing, dan membuka peluang untuk pemasaran yang lebih luas.” jelas Wahyu. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close