Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pindah ke PUSPA Langlangbuana Ratusan PKL Otista Bahagia

For mania mega:


 

KUNINGAN- Sebanyak 132 Pedagang Kaki Lima (PKL) dari Jalan Otista Kuningan, merasa bahagia setelah resmi pindah ke lokasi baru di PUSPA Langlangbuana. Relokasi ini merupakan bagian dari program penataan kota yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mengoptimalkan ruang publik dan memberikan kondisi yang lebih baik bagi para pedagang.

Perpindahan ratusan PKL dari Jalan Otista berlangsung pada Jumat malam (9/8/2024), disaksikan Pj Sekda Kuningan Dr. H. Asep Taufik Rohman, Dandim 0615/Kuningan Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan, S.Sos, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kuningan H. Deden Kurniawan Sopandi, A.Ks, dan Kepala Diskopdagperin Kab. Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd.

Pada kesempatan tersebut, Pj Sekda Kuningan Asep Taufik Rohman menyampaikan, relokasi PKL dari Jalan Otista ke PUSPA Langlangbuana merupakan bentuk perhatian Pemkab Kuningan dalam menciptakan lingkungan berjualan yang lebih baik dan tertata, sekaligus meningkatkan perekonomian para pedagang.

“Kegiatan malam hari ini sangat luar biasa karena kesadaran sendiri dari para PKL. Karena tujuan kita adalah memanusiakan para PKL dengan memberikan tempat yang lebih baik dari sebelumnya, dan yang tadinya tidak legal sekarang menjadi legal,” ujar Asep Taufik.

Asep Taufik juga mengatakan, Pemkab Kuningan akan melakukan berbagai langkah dengan menggelar berbagai event dan menyusun regulasi agar dapat memberikan dampak positif kepada para PKL.

“Setelah para PKL berada disini (Puspa Langlangbuana), kita juga selaku pemerintah harus membuat regulasi sehingga mereka (PKL) akan merasa nyaman, betah, dan jualannya laris,” ucapnya.

Pj Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Penataan Pusat Kota Kuningan serta seluruh SKPD, TNI, Polri, dan seluruh pihak yang telah bekerjasama mensuksekan pelaksanaan relokasi PKL di Kabupaten Kuningan.

Di lokasi yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Kuningan H. Deden Kurniawan Sopandi, selaku Ketua Tim Penataan Pusat Kota Kuningan mengemukakan, bahwa relokasi PKL dari Jalan Otista ke PUSPA Langlangbuana merupakan relokasi tahap ke 2, dimana sebelumnya telah dilakukan relokasi PKL Jalan Siliwangi ke PUSPA Siliwangi.

“Malam ini 132 PKL dari otista kita pindahkan atas permintaan mereka (PKL) sendiri. Mudah-mudahan setelah perpindahan ini, Jalan Otista menjadi bersih, Taman Kota bersih, dan semua pedagang terpusat disini (PUSPA Langlangbuana),” terang Deden.

Deden menambahkan, Pemkab Kuningan akan terus berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada pelaku usaha kecil dan menengah, serta terus berupaya meningkatkan kualitas lingkungan usaha demi kemajuan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat.

Senada dengan Asda II, Kepala Diskopdagperin Kab. Kuningan Trisman Supriatna turut mengapresiasi atas suksesnya relokasi PKL tersebut. Trisman berharap, para PKL bisa merasa nyaman dan menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan Pemkab Kuningan.

“Sebagaimana tujuan Pak Pj Bupati, bahwa kita dari pemerintah daerah bukan menggusur tapi menggeser untuk memanusiakan para PKL, agar mendapatkan tempat berjualan yang nyaman dan legal. Dan yang terpenting adalah meningkatkan pendapatan mereka,” ungkap Trisman.

Sementara, Dita (42) salah satu PKL yang turut dalam relokasi tersebut, menyampaikan rasa syukur atas pindahnya lokasi jualan dari Jalan Otista ke PUSPA Langlangbuana. Menurutnya,  lokasi jualan barunya lebih aman, dan nyaman.

“Saya mah malah bersyukur dengan pindah ke Puspa Langlangbuana, soalnya kan aman, nyaman, dan sudah disediakan tempat yang berguna untuk kita. Dan kita sudah setuju semua,” imbuhnya.

Dengan pindahnya 132 PKL ke PUSPA Langlangbuana, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan mereka sekaligus menarik lebih banyak pengunjung. Dengan kawasan yang lebih tertata, pemerintah berharap dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif bagi masyarakat sekitar. (IKP/DISKOMINFO)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close