Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pagelaran Wayang Golek Giri Harja III di Desa Citikur: Pesta Rakyat dan Pelestarian Budaya Sunda dalam Perayaan Ulang Tahun ke-526 Kuningan

For mania mega:



KUNINGAN – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-526 Kuningan, H. M. Nurdijanto, SH,. M.Si., selaku Ketua PHBN dan juga Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kuningan, mewakili PJ Bupati Kuningan untuk membuka pagelaran Wayang Golek Giri Harja III di Desa Citikur, Kecamatan Ciwaru, Senin malam, (26/08/2024). Acara ini juga bertepatan dengan ulang tahun Desa Citikur yang ke-18, menjadikannya momen penting bagi masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Nurdijanto menegaskan pentingnya pagelaran Wayang Golek sebagai ajang pesta rakyat dan upaya pelestarian kebudayaan masyarakat Sunda yang sangat berharga. “Wayang Golek ini didesain dan diselenggarakan sebagai ajang pesta rakyat sekaligus melestarikan kebudayaan masyarakat Sunda yang teramat mahal harganya,” ungkap Ketua PHBN tersebut.

Beliau menjelaskan bahwa pagelaran ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi ke-526 Kuningan, di mana Desa Citikur menjadi lokasi awal dari lima titik pelaksanaan pagelaran di berbagai pelosok Kabupaten Kuningan. Ini merupakan wujud nyata kehadiran negara di tengah masyarakat untuk menghibur dan menggeliatkan kembali ekonomi lokal, sekaligus memberikan tuntunan melalui pesan-pesan dalam pementasan Wayang Golek.

Wayang Golek, sebagai salah satu ciri khas kebudayaan Jawa Barat, memiliki fungsi yang relevan dalam memenuhi kebutuhan spiritual dan material masyarakat di lingkungannya. Selain itu, kesenian ini merupakan ikhtiar kita semua untuk melestarikan kebudayaan asli Sunda, yang harus tetap diturunkan kepada anak cucu kita. Nurdijanto berharap agar generasi muda dapat lebih mengenal, mengetahui, mencintai, dan melestarikan kebudayaan ini. “Generasi muda harus memiliki kebanggaan dengan budaya yang kita miliki, salah satunya adalah dengan Wayang Golek ini” tegasnya.

Dengan menekankan bahwa acara ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga tuntunan melalui nilai-nilai yang terkandung dalam cerita Wayang Golek, Nurdijanto juga berharap seluruh masyarakat dapat menyerap dengan baik pesan yang disampaikan oleh pemerintah melalui kegiatan ini.

Acara ini turut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting lainnya, seperti Direktur Bank BJB, Camat Ciwaru, dan perwakilan Forkopimcam, yang semuanya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan budaya ini.

Nurdijanto selaku Ketua PHBN mengakhiri sambutannya dengan memberikan penghargaan khusus kepada Bank BJB Cabang Kuningan atas dukungan CSR yang memungkinkan terlaksananya pagelaran budaya ini. Dukungan yang konsisten dari Bank BJB Cabang Kuningan dari tahun ke tahun telah memberikan kontribusi besar terhadap kegiatan yang merupakan pesta rakyat Kuningan.

Pada kesempatan yang sama, panitia Desa Citikur, Diding Jaenudi, M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan Desa Citikur sebagai lokasi pelaksanaan pagelaran Wayang Golek Dadan Sunandar S. Putra Giri Harja III serta mengungkapkan rasa syukurnya atas antusiasme warga Desa Citikur yang sangat luar biasa. (BagProkompim/SetdaKuningan).

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close