Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

DISKOMINFO Kuningan Berperan Aktif dalam Pencegahan Kebakaran Hutan

For mania mega:


 

KUNINGAN — Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi saat musim kemarau, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Kuningan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pencegahan kebakaran Hutan. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Setianegara dan Kebun Raya Kuningan, Rabu (7/8/2024) mulai pukul 07.00 WIB, melibatkan Berbagai instansi, lembaga, Komunitas, termasuk pejabat daerah, TNI, POLRI, dan dinas terkait.

Kadiskominfo Kuningan, Drs. H. Ucu Suryana, M.Si, menegaskan pentingnya keterlibatan DISKOMINFO dalam kegiatan ini. “Partisipasi kami dalam kegiatan ini adalah bagian dari tanggung jawab kami sebagai salah satu elemen pemerintah daerah yang peduli terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Sebagai bagian dari Tim II yang diberangkatkan dari Kebun Raya Kuningan, DISKOMINFO mendukung pelaksanaan kegiatan ini dengan mengirimkan sejumlah personel untuk terlibat langsung dalam pemeliharaan sekat bakar dan rencana pembuatan embung. Sekat bakar adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran api jika terjadi kebakaran hutan, sedangkan embung berfungsi sebagai penampung air yang dapat digunakan dalam penanganan kebakaran.

Kegiatan ini sejalan dengan program edukasi berbasis kurikulum muatan lokal yang tengah digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan. “Kami berharap dengan adanya muatan lokal tentang Gunung Ciremai, generasi muda dapat lebih memahami pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan mereka,” kata Ucu Suryana.

Keterlibatan DISKOMINFO juga menekankan pada aspek komunikasi dan informasi, di mana pihaknya berperan menyebarluaskan informasi mengenai langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan kepada masyarakat luas. “Sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam bidang komunikasi, kami memiliki tugas untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan edukatif tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan,” tambah Ucu Suryana.

Diharapkan dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak, termasuk DISKOMINFO, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam mengurangi risiko kebakaran hutan di masa mendatang. “Kami optimis bahwa dengan kerjasama dan gotong royong dari semua elemen, kita bisa menjaga kelestarian alam dan mencegah kebakaran hutan yang kerap terjadi setiap tahun,” tutup Ucu Suryana. 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya peran mereka dalam pelestarian lingkungan. Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan masyarakat semakin memiliki sense of belonging dan sense of responsibility terhadap lingkungan mereka. (Bid IKP/Diskominfo).

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close