Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pj Bupati Kuningan Hadiri Peringatan Hari Koperasi ke 77 Tingkat Provinsi Jawa Barat

For mania mega:


 

KARAWANG – Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat, Mpd menghadiri Peringatan Hari Koperasi Ke-77 Tingkat Provinsi Jawa Barat sekaligus Gelar Produk Koperasi di Lapangan Street Carnival Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Jumat (12/07/2024).

Turut mendampingi, Ketua TP PKK Kuningan, Hj Susi Widyawati, S.Sos.,M.Ip dan Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, Trisman Supriatna, Spd.,Mpd.

Perayaan ini bertujuan untuk menjadikan Peringatan Hari Koperasi sebagai momentum mensosialisasikan Koperasi secara masif dan menambah wawasan masyarakat mengenai Koperasi dan pentingnya Berkoperasi.

Mengambil tema “Koperasi sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan Kecil” diharapkan dapat menekankan pada pentingnya penguatan peran koperasi dalam perekonomian lokal juga menyoroti perlunya adaptasi dan inovasi untuk menghadapi dinamika perekonomian global.

Adapun Gelar Produk KUMKM Tingkat Provinsi Jawa Barat akan berlangsung tanggal 12-14 Juli 2024,  dimana Kabupaten Kuningan mengirimkan 2 Koperasi Binaan yakni Koperasi Mitra Surya Kemuning dan Koperasi Konsumen El Arbah Kunci Maju.

Dalam sambutannya, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, peringatan ini merefleksikan peran koperasi semakin strategis untuk mempercepat ikhtiar bangsa keluar dari middle income trap.

“Di sinilah peran koperasi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh dari usaha mikro ke usaha kecil dan usaha kecil ke usaha menengah,” ungkap Bey.

Ia menuturkan, koperasi telah menjadi solusi dalam pembiayaan mikro, paling banyak diakses oleh rumah tangga di Indonesia, yakni 4,25 persen setelah bank umum selain Kredit Usaha Rakyat (KUR), yaitu 4,95 persen.

“Peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku usaha mikro dan kecil agar usahanya menjadi lebih berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi,” katanya.

Iip Hidajat dalam narasi ucapan pada layar monitor Harkop Provinsi mengingatkan, untuk menjadikan moment hari koperasi sebagai hari untuk menumbuhkan semangat gotong royong demi kemajuan bangsa melalui penguatan koperasi.

Iip Hidajat berharap koperasi Indonesia terus jaya dan semakin berkembang untuk mewujudkan ekonomi rakyat menuju koperasi yang tangguh dan sejahtera bersama anggota koperasi, mitra pemerintah membangun ekonomi nasional yang berdaulat dan mandiri menuju Indonesia Emas.

Sementara ditemui ditempat terpisah, Kadiskopdagperin, Trisman Supriatna, menerangkan kegiatan Provinsi akan dilanjut dengan perayaan Tingkat Kabupaten yang akan berlangsung pada akhir Bulan Juli ini dan berpusat di Puspa Siliwangi.

Dan pada waktunya akan digelar Puncak Peringatan Harkop Tingkat Kabupaten yang dimeriahkan dengan jalan santai dan hiburan musik, penyerahan penilaian koperasi sehat, OPM, serta pemberian penghargaan koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2024.

Hal ini diharapkan dapat mengedukasi dan memberdayakan anggota koperasi dan masyarakat luas, serta mensinergikan pelaksanaan peringatan Harkop ke-77 Tahun 2024 antara Pusat dan Daerah. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close