Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Kecamatan Cigugur Jadi Lokasi KKN Moderasi Beragama ke-IV, libatkan 58 PTN Keagaman se-Indonesia

For mania mega:


 


KUNINGAN – Kabupaten Kuningan terpilih menjadi tempat penyelenggaraan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Moderasi Beragama ke IV se-Indonesia tahun 2024.

Sebanyak 300 mahasiswa yang berasal dari 58 peguruan tinggi negeri keagamaan serta mewakili setiap Provinsi se-Indonesia ini akan mengikuti KKN moderasi beragama di Kecamatan Cigugur.

Acara pembukaan di gelar di teras Pendopo Kabupaten Kuningan, Selasa (16/07/2024) diterima secara langsung oleh Penjabat Bupati Kuningan, Dr Drs H Raden Iip Hidajat,Mpd. Serta dihadiri oleh Direktur Diktis Kemenag RI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag., plh Asisten daerah Provinsi Jawa Barat, Dr dr H Dodo Suhendar, M.M, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr H Dian Rachmat Yanuar, Msi, Camat Cigugur serta rektor dan perwakilan rektor peserta KKN moderasi beragama se-Indonesia.

Mengusung tema “Harmoni Bersama Umat Beragama”, desa dan kelurahan yang menjadi lokasi KKN Moderasi Beragama ke empat se-Indonesia di Kabupaten Kuningan ini adalah Kelurahan Cisantana, Kelurahan Cigugur, Kelurahan Sukamulya, Desa Babakan Mulya, Desa Cileuleuy Dan Desa Cipari.

Ketua pelaksana KKN moderasi beragama, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Dr H Rosihon Anwar, M.Ag, menyebutkan bahwa terpilihnya Kabupaten Kuningan, khususnya Kecamatan Cigugur menjadi tempat KKN adalah karena pluralisme-nya yang luar biasa.

“Cigugur terkenal dengan daerah yang plural, banyak keyakinan (agama) yang diyakini masyarakat disana, tetapi mereka hidup rukun tanpa perselisihan. Nanti anak-anak KKN akan belajar bagaimana masyarakat Cigugur memerankan prinsip toleransi di kehidupan sehari-hari yang dapat diimplementasikan di setiap wilayah NKRI. Cigugur juga merupakan tempat dimana banyak akademisi melakukan penelitian khususnya dalam toleransi beragama” Ujar Rosihon Anwar.

Dalam sambutan selamat datang oleh Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat, menyebutkan bahwa Kecamatan Cigugur (khususnya di wilayah Kelurahan Cigugur) merupakan satu wilayah yang didalamnya mencerminkan toleransi masyarakat yang sangat tinggi. Banyak yang menggambarkan Cigugur sebagai miniatur Indonesia dan miniatur pluralisme di Indonesia.

“Cigugur yang terletak di kaki Gunung Ciremai, dengan segala kemajemukannya, terdiri dari berbagai macam etnis dan suku bangsa serta keanekaragaman keyakinan dan kepercayaan hidup yang membentuk simfony hidup dengan rukun. Ini adalah contoh implementasi Pancasila yang sesungguhnya” Ujar Iip.

Karenanya Iip berharap, pelaksanaan KKN moderasi beragama ini dapat berjalan dengan lancar serta memberikan dampak positif, yang tidak hanya berlaku di lokus penelitian tetapi juga di daerah lainnya di Indonesia.

Secara resmi, KKN moderasi beragama ke IV se-Indonesia ini dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Diktis Kemenag RI, Prof. Dr. H. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag dengan penyematan secara simbolis peserta KKN. Peserta KKN akan mengikuti pengabdian moderasi beragama selama kurang lebih 40 hari. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close