Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Tarian Kolosal dan Defile Meriahkan Pembukaan Porpemda XV di Kuningan

For mania mega:


 

KUNINGAN – Opening Ceremony atau upacara pembukaan Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (Porpemda)  Jabar XV di Kuningan telah sukses menghibur dan memukau ribuan  penonton dari 28 kontingen dan masyarakat. Berbagai pagelaran dihadirkan, seperti Defile, paduan suara, dan Tari Kolosal.  Pembukaan berlangsung di Lapang Stadion Mashud Wisnusaputra, Minggu malam (26/11/2023).

Kemeriahan Opening Ceremony Porpemda diawali  defile 28 kontingen dengan urutan mulai  dari Provinsi Jawa Barat, Bandung, Kota Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Bandung, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Sumedang, Tasikmalaya, dan Kabupaten Kuningan.

Di Tengah acara 248 penari dari berbagai sekolah di Kuningan  meramaikan pagelaran Tari Kolosal. Tarian ini menggambarkan persatuan Pemerintah Daerah  yang ditransformasikan ke dalam gerak tari Jabar Betawi, Jabar Pantura, Jabar Priangan, dan Jabar Kulon. Adapun kolaborasi tarian  Jaipong, Tari Pergaulan, Tari Topeng, Tari Merak, Tari Buyung, Tari Payung, Tarian Umbul-umbul dan Gugunungan. Kelincahan dan kesesuaian tarian dengan perpaduan musik tradisional dan modern membuat penonton menjadi kagum.

Selain itu ada Paduan Suara Purbawisesa sebanyak  40 orang yang selalu memeriahkan Hari Besar Nasional dan Kenegaraan dengan lagu yang ditampilkan Mars Patriot, Jabar kaHiji, Meraih Bintang, Aku Bisa. Ada juga lagu perjuangan, seperti Maju Tak Gentar, Halo-Halo Bandung. Dan lagu Kuningan Maju dan lainnya.

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, MH.  mengatakan, bahwa  Porpemda bukan hanya ajang pertandingan semata, melainkan sebuah wadah kebersamaan dan persaudaraan antar Pemerintah Daerah di Jawa Barat. Melalui kegiatan ini, tidak hanya mengukur keunggulan atlet-atlet terbaik, tetapi juga memupuk semangat sportivitas, kejujuran, dan kebersamaan. “Selamat bertanding kepada para atlet. Dan semoga berkesan berada di Kuningan untuk menikmati penginapan, wisata, kuliner dan makanan khas lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Taufiq Budi Santoso Pj Sekretaris Daerah Jabar menyampaikan, Porpemda XV merupakan  wujud dari silaturahim 10 ribu  ASN kab/kota Provinsi Jawa Barat. Ini adalah sesuatu yang sungguh luar biasa dalam  menjalin kebersamaan dan menbangun visi dan misi dengan tujuan yang sama untuk Jawa Barat Juara.

“Mari kita pelihara ke depan, dan kita lanjutkan, dan kita tingkatkan kualitasnya. Terima kasih atas terselenggaranya Porpemda di Kuningan yang meriah ini, sukses buat Kuningan” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ketua Dewan Pengurus (DP)  Korpri, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., yang juga Ketua Penanggung Jawab Porpemda Jabar ke-XV menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan  Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadikan Kuningan sebagai tuan rumah, tentu atas dukungan anggarannya juga. inilah yang bisa dipersembahkan melalui semangat, dedikasi, dan kerja keras untuk kesuksesan Porpemda Jawa Barat.

“Apresiasi kepada semua pihak dan dukungan masyarakat, serta semua yang terlibat di acara Opening Ceremony, salah satunya  Tari Kolosal dari berbagai sekolah, seperti yang disampaikan Pj Sekda Provinsi Jabar, bahwa penampilannya sangat berkesan. Secara keseluruhan acara  berlangsung sukses dan luar biasa,” ujarnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana Porpemda XV, Beni Prihayatno, S.Sos, M.Si menyebutkan Penyelenggaraan Porpemda XV berlangsung mulai 25 hingga 29 November 2023, dengan 28 kontingen dari 27 kabupaten/kota, serta 1 kontingen Provinsi Jabar. Sebanyak 2383 atlet bersaing di 15 Cabang Olahraga, mencakup berbagai jenis olahraga seperti Billiard, Bola Basket, Bola Voli, Gerak Jalan, Bulutangkis, Catur, Futsal, Senam, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Egrang, Hadang, Terompah, Sumpitan, dan Golf di Jatinangor National Golf. (Megaswarakuningan).

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close