Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pelatihan Kebencanaan, Sekda Kuningan Ingatkan Para Pemuda Pencegahan Pengurangan akan Resiko Bencana

For mania mega:


KUNINGAN-Guna meningkatkan pencegahan dan kesiapsiagaan kemampuan dalam menghadapi resiko bencana. Lembaga Pemuda Islam Ancaran (LPIA) dan Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)  Kuningan, perwakilan Mahasiswa, Mapala, Banser dan lainnya menggelar latihan Manajemen Penanggulangan Tanggap Bencana di Talaga Surian Camp Park, Desa Puncak, Kecamatan Cigugur.

Untuk peserta pelatihan  sebanyak  100 orang,  dibuka oleh Dr. H Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Sekda bersama Perwakilan Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI, Boby Febrian. Hadir Perwakilan Disdikpora, Disporapar,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan dan lainnya.  Sabtu  18 Nopember 2023.

Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, mengatakan, penting  urgensi peningkatan pemahaman mengenai manajemen penanggulangan bencana. Sehingga latihan ini dapat memperkuat kapasitas peserta, menjadikan  garda terdepan dalam menghadapi potensi bencana di wilayah Kuningan.

Sekda Dian mengatakan kondisi bencana alam saat ini sulit diprediksi, karena  bisa terjadi dimana saja baik berupa kebakaran, longsor, banjir dan lainnya. Untuk itu   penyadaran ikhtiar  kesiapan  menghadapi bencana harus dipahami.

“Sekarang bukan lagi tanggap darurat bencana, melainkan  paradigmanya bergeser lebih pada pencegahan pengurangan akan resiko bencana. Untuk itu harus memahami tanda-tanda alam atau potensi bencana, lebih baik mencegah daripada menanggulangi,” ungkapnya.

Sekda Dian yang Juga Kepala BPBD Kabupaten Kuningan menuturkan, peran aktif pemuda dalam kegiatan kemanusiaan dan tanggap bencana harus dilakukan melalui latihan dan sinergitas dengan semua pihak. Pelatihan ini menjadi langkah konkret dalam membangun ketangguhan pemuda akan pencegahan dan penanggulangan bencana.

Melalui kegiatan ini, Sekda Dian berharap  peserta dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana, menjadikan penanggulangan sebagai tanggungjawab bersama.

Sementara itu, Perwakilan Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Kemenpora RI, Boby Febrian mengatakan, Kemenpora memberikan dukungan pengembangan kapasitas pemuda Indonesia dalam berkolaborasi untuk memberikan kemanfaatan kepada negeri.

“Seperti kegiatan yang diselenggarakan di Kuningan ini,  bahwa para pemuda mesti memiliki pemahaman tentang kebencanaan, sehingga akan memberikan solusi dalam penanggulangan bencana alam, selain itu kewaspadaan bencana sosial,”ujarnya.

Lebih lanjut, Pembina LPIA yang juga   Ketua PPSI  Kuningan KH. Muhammad Ali Subhan mengatakan kegiatan ini sebagai upaya menciptakan relawan yang berkualitas handal dan mampu bergerak cepat  dan efektif demi kemanusian, sebagai langkah antisipasi dalam pertolongan.

“Kegiatan ini kerjasama dengan Kemenpora RI, untuk peserta sekitar 100 orang. Selain dari dari LPIA, PPSI, ada juga perwakilan Mapala, Banser, Mahasiswa dan lainnya,” sebutnya.  

(IKP/DISKOMINFO/PROKOMPIM)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close