Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Kolaborasi Dengan HPAI, Dinas LH Kabupaten Kuningan Gelar Pelatihan Pembekalan Calon Sekolah Adiwiyata

For mania mega:




 KUNINGAN – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan DPW HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) Kabupaten Kuningan menggelar Pelatihan dan penguatan Administrasi untuk pembekalan Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi, Nasional dan Mandiri di Satuan Pendidikan SD, SMP, Mts dan SMA. Bertempat di Aula SMA Negeri 2 Kuningan, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan itu didasari atas kepedulian HPAI untuk menyelamatkan lingkungan dari pengaruh Globalisasi. Dengan tagline “Sinergi Satu Aksi Untuk Bumi”, dengan memberikan pelatihan kepada 73 kepala Sekolah se-Kabupaten Kuningan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs Laksono Dwi Putranto, Msi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan U. kusmana, S.Sos., M.Si, Ketua HPAI Kabupaten Kuningan Drs H. Sudrajat M.Mpd, dan Narasumber kegiatan yang berasal dari Ibu Kota.

Dalam sambutannya, Drs H. Sudrajat M.MPd selaku Ketua HPAI Kabupaten Kuningan mengatakan, bahwa kehadiran Bapak/Ibu semua dalam pelatihan ini merupakan ikhtiar untuk menyelamatkan Bumi.

“Karena jika setiap Sekolah telah menerapkan wawasan lingkungan dengan memerhatikan konservasi alam, penghijauan, kebersihan lingkungan, kita akan meminimalisir Kondisi cuaca yang semakin hari semakin panas” Ujarnya.

Ajat menuturkan, jika setiap siswa diberikan pemahaman tentang ke-adiwiyataan di Sekolah, tentu akan memberikan implikasi positif terhadap lingkungan disekitarnya.

“Dengan gerakan seperti ini, kira-kira 180 ribu siswa yang telah diberi pemahaman dan kepedulian untuk membuang sampah, menghemat energi, menghemat air dan melakukan penghijauan, akan membawa kebiasaan ke rumah masing-masing. Disitulah di lingkungan terdekat mereka (seperti saudara dan orang tuanya) akan melakukan hal serupa. Inilah ikhtiar kita bersama untuk menjaga lingkungan ditengah kerusakan yang diakibatkan oleh polusi” kata Ajat.

Selanjutnya, dalam sambutan yang dibacakan Bupati Kuningan, Acep Purnama mengapresiasi setiap langkah yang dilakukan oleh HPAI Kabupaten Kuningan yang terus menggalakan keadiwiyataan di setiap sekolah.

“Untuk itu, Pemkab Kuningan senantiasa mendorong dan menginstruksikan setiap Sekolah agar mengupayakan gerakan Adiwiyata. Dan kedatangan Bapak/Ibu Kepala Sekolah hari ini semoga dapat menularkan kepada Sekolah lain untuk menghijaukan lingkungan Sekolah” Ujar Acep.

Dalam kesempatan tersebut, Acep juga menyarankan agar disetiap Sekolah untuk memulai menanam Pohon Kalpataru. Menurutnya, Kalpataru adalah simbol Kehidupan.

“Kalpataru memiliki arti khusus dalam mitologi masyarakat Indonesia. kalpataru dianggap sebagai pohon Kehidupan Karena kerimbunan dan keteduhannya menjadi tempat berlindung setiap mahluk Hidup, baik satwa maupun manusia”

Pada acara tersebut, diserahkan secara simbolis hak guna pakai Bangunan milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk digunakan sebagai Kantor Sekretariat HPAI Kabupaten Kuningan.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Bupati Kuningan Nomor : 031/KPTS/.919-BPKAD/2023 tentang Penetapan Penggunaan Bangunan Milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Adapun bangunan tersebut adalah eks Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah kabupaten Kuningan yang berlokasi di Jalan Siliwangi seluas 94,19 m2, dimana hal tersebut adalah upaya Pemkab Kuningan untuk mewujudkan Kabupaten Pendidikan yang Adiwiyata. (Megaswarakuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close