Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 Bupati Acep Tekankan 6 Pilar Transformasi Kesehatan

For mania mega:


 

KUNINGAN -Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 Bupati Kuningan H. Acep Purnama,SH,MH bertindak sebagai pembina upacara dihalaman  Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, Senin (13/11/2023).

Upacara peringatan HKN ini dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan serta berbagai elemen masyaraklat dan pelajar.

Mengambil tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” Bupati Kuningan membacakan sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi G Sadikin.

“Setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.” ucap bupati kuningan mengawali sambutan.

Selanjutnya, pasca disahkannya undang-undang nomor 17 tahun 2023 tentang kesehatan, Pemerintah kini sedang menyusun rencana induk bidang kesehatan (atau ribk), yang akan berfungsi sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia.

“Terdapat enam pilar transformasi kesehatan bisa kita tegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

“Pilar pertama, transformasi layanan primer. Dari fokus mengobati, menjadi mencegah. Pilar kedua, transformasi layanan rujukan. Dari akses layanan kesehatan yang susah, menjadi mudah. Pilar ketiga, transformasi sistem ketahanan kesehatan. Dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri, menjadi mandiri di dalam negeri, berikutnya, dari sistem kesehatan yang rentan di masa wabah, menjadi tangguh. Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan.

Dari pembiayaan yang tidak efisien, menjadi transparan dan efektif. Pilar kelima, transformasi sdm kesehatan.

Dari tenaga kesehatan yang kurang, menjadi cukup dan merata. Pilar keenam, transformasi teknologi kesehatan. Dari sistem informasi yang terfragmentasi, menjadi terintegrasi. Dari teknologi kesehatan yang tertinggal, menjadi terdepan”

“Transformasi kesehatan adalah tonggak penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju. Tidak hanya di kota-kota besar, transformasi kesehatan harus menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia, tidak terkecuali di daerah terpencil, tertinggal, di perbatasan, maupun kepulauan”

Mari kita jadikan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini sebagai momentum untuk meningkatkan kesadaran kita terhadap pentingnya Kesehatan. pungkas Acep diakhir sambutanya

Acara dilanjutkan dengan penyerahan  pemberian penghargaan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten UHC (Universal Health Converage) dengan cakupan kepersertaan JKN di angka 95,95% atas keberhasilan meraih peringkat ke 2 capaian data standar pelayanan minimal (SPM) bidang Kesehatan triwulan 3 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat dan penghargaan lainnya.(MEGASWARAKUNINGAN)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close