Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Gelar Ruwatan Desa, Pemdes Kawungsari Hadirkan Wayang Golek Giriharja 3

For mania mega:


 

KUNINGAN – “Tradisi ruwatan Desa ini merupakan ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa atas segala rejeki yang telah diperoleh. Mudah-mudahan di tahun ini dan tahun-tahun mendatang senantiasa membawa keberkahan bagi kita semua, kesuksesan, dan kita menjadi orang yang lebih baik lagi” Demikian ucapan Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH didepan ribuan warga Desa Kawungsari ketika menghadiri undangan ruwatan Desa. Jumat malam (03/11/2023).

Bertempat di Halaman Kantor Desa Kawungsari, acara dimeriahkan dengan penampilan Wayang Golek Giriharja 3 arahan Ki Dalang Dadan Asep Sunandar Sunarya.

Hadir pada kesempatan tersebut, forum koordinasi Pimpinan kecamatan Cibeureum dan Kepala Desa Kawungsari beserta segenap unsur BPD, LPM dan Karangtaruna.

Selanjutnya Bupati Acep menghaturkan terimakasih kepada segenap masyarakat Desa Kawungsari yang hingga saat ini masyarakatnya masih menjalankan tradisi peninggalan nenek moyang yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu yaitu tradisi ruwatan desa.

“Kegiatan ruwat bumi ini juga merupakan media bagi kita agar berdoa kepada Allah SWT agar hal buruk dijauhkan dari Desa Kawungsari dan mudah-mudahan masyarakat Desa Kawungsari dapat hidup makmur, damai, aman, dan tenteram” tutur Acep.

“Bersamaan dengan adanya acara ruwatan desa ini, juga akan dilangsungkan pagelaran seni wayang golek. Dalam penyampaiannya, wayang golek selain sebagai sebuah tontonan yang menghibur, ternyata wayang golek juga bisa dijadikan sebagai media tradisional yang berisikan tuntutan” lanjut Acep.

Dikatakan Acep, bahwa Desa Kawungsari merupakan Desa relokasi dampak pembangunan Waduk Kuningan beberapa tahun lalu. Untuk itu pihaknya juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi karena seluruh masyarakat Desa mau di pindahkan ke tempat yang baru demi kelancaran Waduk Kuningan untuk kemashlahatan masyarakat banyak.

“Alhamdulilah, dengan hadirnya wajah baru wilayah Desa Kawungsari masyarakat dapat menerima untuk di relokasi. Proses ganti rugi telah dilaksanakan dengan adil, sekarang adalah bagaimana kita dapat beradaptasi dan memberikan semangat untuk dapat menjadi masyarakat yang jauh lebih maju” Tutup Acep. (MEGASWARAKUNINGAN)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close