Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Siswa SMAN 2 Kuningan Kunjungan Belajar ke Diskominfo

For mania mega:


 KUNINGAN-Siswa  Sekolah Menengah Atas Negeri 2 (SMAN 2) Kuningan melakukan kunjungan belajar   ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kuningan. Tujuannya  untuk mendalami dampak Globalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) terhadap kemajuan online shopping, yang  diterima langsung oleh Kadiskominfo  Drs. Ucu Suryana, M.Si. Pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Dalam kunjungan ini, para siswa melakukan wawancara langsung dengan kepala dinas, mereka mengajukan serangkaian pertanyaan yang relevan dengan tema kunjungan. Para siswa ini menunjukan kepercayaan dirinya  dalam melakukan wawancara. Pertanyaan diawali dari Rahma Zalia Putri, bagaimana tanggapan Diskominfo terhadap perkembangan teknologi saat ini?.

Kadiskominfo menjawab, Diskominfo sangat mendukung perkembangan teknologi saat ini. Kami melihatnya sebagai peluang besar untuk meningkatkan pelayanan dan koneksi informasi kepada masyarakat. Untuk itu perkembangan transformasi digital perlu dipahami, dimanfaatkan, dan diterapkan sebagai upaya perkembangan pelayanan berbasis digital.

Selanjutnya, Siswa pun menanyakan bagaimana tanggapan mengenai perkembangan teknologi digital yang sangat pesat dalam bidang E-commerce?. Kadis Kominfo menerangkan, perkembangan E-commerce  memberikan banyak dampak positif. Namun hal ini juga menjadi tantangan bagi kebijakan pemerintah. Sektor pertama yang berkontribusi dalam ekonomi digital adalah E-commerce atau elektronik commerce adalah Jual beli barang atau jasa, atau transfer dana atau data melalui jaringan elektronik, khususnya internet dan transfer uang dan data untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Selain itu, Apa kebijakan dari Diskominfo mengenai teknologi informasi dan komunikasi yang ada di Kuningan saat ini dalam pengembangan usaha?. Pemkab Kuningan  memiliki Peraturan Bupati Nomor 32 tahun 2021 tentang  Penyelenggaraan Pemerintah Berbasis Elektronik  Pemerintah Daearah Kabupaten Kuningan, yang didalamnya mengatur juga, bahwa Situs Web Setiap SKPD harus merupakan sub domain atau menginduk pada portal  Pemerintah Daerah https://kuningankab.go.id.

Untuk menunjang pengembangan usaha di Kuningan , sebagai Solusi Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan membuat data yang automatis dan statis berbasis web yang  bernama “SiBaDU MiRakyat” atau Aplikasi Pelaku Ekonomi Kerakyatan. Aplikasi ini menyajikan tata kelola data pelaku ekonomi kerakyatan yang ter up date, terpadu dan akurat sehingga dapat menyediakan informasi tentang pelaku UMKM dengan cepat dan tepat.

Menurut Bapak, bagaimana generasi muda seharusnya menyikapi arus teknologi yang pesat ini, terutama dengan adanya Tiktok Shop?. Kadis Kominfo memberikan penjelasan generasi muda harus bijak dalam menghadapi teknologi. Gunkanlah teknologi dengan bijak dan memahami potensi resikonya. Seperti melakukan perlindungan  data sensitif dengan enkripsi dan cadangkan data penting secara teratur, dan pastikan cadangan tersebut aman.

“Selain itu penting Etika Digital, pertimbangkan dampak  dalam aktivitas online, Hindari penyebaran berita palsu atau berita hoaks dan Berpikir dua kali sebelum membagikan informasi pribadi atau mengkritik orang lain,” ungkap Kadis Drs. Ucu Suryana, M.Si.

Salah satu siswa, Aura Ilma Lychandra, menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk  mengetahui  perkembangan transformasi digital. Selain itu, kunjungan relevan dengan tugas mata pelajaran Sosiologi, yang berfokus pada dampak globalisasi IPTEK terhadap kemajuan Online Shopping.

“Tak menyangka kunjungan ini akan diterima langsung oleh Pak Kadis didampingi Bu Kabid, dan Subkoor. Kami  merupakan kelas XII. IPS 1 terdiri dari  Ghisa Elvani Azzahra, Rahma Zalla Putri, Sabrina Sharafova, Shafira Nurul Hasmine, Vaneiza Nur Aulia, Najwa Basandid, dan Aura Ilma Lychandra. Dalam kunjungan ini sangat senang,” ungkap Aura dan Rahma mewakili temannya.

Aura mengungkapkan rasa terima kasih atas pengalaman berharga, bahwa kunjungan ini membuka wawasan lebih dari sekadar literasi digital, mencakup keterampilan digital, keamanan digital, dan budaya digital. Sekaligus memberikan wawasan berharga juga tentang prilaku atau beretika di ruang digital. (IKP/DISKOMINFO)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close