Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Sekda Kuningan Jadi Pembina Apel Pagi Di Kantor Inspektorat

For mania mega:




 KUNINGAN– Sekda  Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si melakukan monitoring ke setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Kuningan. Kali ini kunjungan  ke 20  menyambangi Inspektorat Kuningan, Rabu 25 Oktober  2023. Kedatangan Sekda Dian dalam rangka monitoring disiplin dan memberikan motivasi untuk membangun integritas dan antusiasme dalam menjalankan kewajibannya sebagai ASN.  

Sekda juga menjadi pembina apel pagi di Inspektorat.  Inspektur Drs. Deniawan, M.Si Inspektorat Kabupaten Kuningan beserta jajarannya mengikuti apel dengan tingkat kehadiran  kehadiran pegawai sanangat memuaskan.

Menurut Sekda Dian,  yang juga selaku  Sekretaris Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (FORSESDASI) Periode 2021-2024 untuk Wilayah Jawa Barat, kehadiran apel pagi merupakan salah satu indikator terciptanya budaya disiplin di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Kuningan. Dengan disiplinnya pegawai maka akan tercipta  komitmen, integritas atau antusias untuk  melakukan tugas selaku ASN.

“Dalam menjalankan tugas ASN ada 3 hal yang menjadi perhatian Pertama,    harus memiliki manfaat bagi masyarakat banyak. Kedua, perbanyak action  dalam pekerjaan dibandingkan dengan pekerjaan yang bersifat rutinitas dan laporan administratif. Ketiga,  menuntut untuk bergerak lincah, adaptif dan tanggap terhadap keinginan masyarakat,” sebut Sekda. .

Sekda Dian,  mengatakan sejalan dengan Peraturan Bupati Kuningan Nomor : 68 Tahun 2019 Pasal 4 Ayat 2, bahwa inspektorat mempunyai tugas melaksanakan pembinaan di bidang pengawasan pemerintahan dan aparatur, pengawasan pengembangan perekonomian dan pembangunan, pengawasan kesejahteraan sosial serta pengawasan pengelolaan keuangan dan aset daerah. Selain itu, menyelenggarakan konsultasi pengawasan urusan pemerintahan di daerah. Dengan melakukan pemeriksaan/audit, review, evaluasi, pemantauan/ monitoring dan pengukuran capaian kinerja.

Untuk itu penting implementasi budaya kerja Sekda Dian menekankan ASN untuk memperhatikan  core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya. core values (nilai-nilai dasar) ASN BerAKHLAK perlu diterapkan, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.

“Tak ketinggalan sebagai ASN untuk beradaptasi dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan memahami, memanfaatkan dan menerapkan  dalam upaya pemberian layanan.

Sekda Dian juga memberikan perhatian khusus pada keseimbangan hidup. Bagaimana menjaga keseimbangan antara pikiran, hati, dan fisik sangat penting. Hal ini mencerminkan pemahaman bahwa kesehatan mental dan fisik pegawai berdampak langsung pada kualitas pelayanan yang diberikan. Untuk itu perlu melakukan olah pikir, olah hati dan olah raga. (Megaswarakuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close