Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Salurkan Bantuan Program “Gerbang Kaya”, Bupati Acep Berharap Peternak dapat Raih Beragam Manfaat

For mania mega:


 

KUNINGAN – Telah dilaksanakan penyerahan secara simbolis bantuan sarana prasarana peternakan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH kepada kelompok calon penerima bantuan di Aula Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Kamis (19/10/2023).

Bantuan sarana prasarana peternakan ini diberikan untuk mendukung dan meningkatkan usaha peternakan di beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan. Bantuan ini diberi tajuk “Gerbang Kaya”. Kegiatan gerbang kaya atau gerakan pengembangan kambing dan ayam adalah gerakan pengembangan ternak berupa ternak kambing dan ayam kampung yang akan di salurkan pada desa dengan tingkat kemiskinan ekstrim di kecamatan darma. kegiatan ini merupakan suatu upaya penanggulangan kemiskinan melalui perluasan kesempatan kerja, kesempatan berusaha, peningkatan ekonomi masyarakat, melalui optimalisasi usaha ternak yang lebih efisien dan produktif serta ramah lingkungan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan Wawan Setiawan, S.Hut., MT, beserta para pejabat struktural dan fungsional.

Bupati Kuningan dalam sambutannya menyambut dengan baik Program Gerbang Kaya yang merupakan bantuan Provinsi Jawa Barat yang menyasar kepada daerah yang perlu mendapat bantuan.
“Diharapkan dengan adanya bantuan ini, masyarakat peternak di Kabupaten Kuningan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil ternaknya sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan kesejahteraan peternak di wilayah tersebut” Ucap Acep.

Bupati Acep berharap, bahwa melalui kegiatan gerbang kaya, dengan sasaran 5 desa di kecamatan darma dapat memberikan dampak terhadap penurunan tingkat kemiskinan, penurunan pengangguran, serta berdampak pada peningkatan pendapatan khususnya bagi para penerima manfaat bantuan ternak.
“Ternak domba dan ayam kampung nantinya akan disalurkan kepada 5 desa di kecamatan darma yang terdiri atas 20 RTP (Rumah Tangga Peternakan) penerima mandat per desa yang kemudian dibentuk menjadi kelompok-kelompok tani” Ujar Acep.

Sebanyak 220 ekor ternak domba akan disebarkan ke 5 Desa yaitu Desa Situsari, Desa Paninggaran, Desa Cageur, Desa Karangsari, dan Desa Tugumulya, dimana masing-masing Desa akan menerima ternak domba sejumlah 44 ekor yang terdiri dari 40 ekor domba betina dan 4 ekor domba jantan.
Selain itu, sebanyak 5.000 ekor ayam kampung juga akan disebarkan pada 5 desa tersebut dengan masing-masing desa akan menerima 1.000 ekor ayam kampung non sexing.

Lebih lanjut Bupati Acep menyebutkan bahwa untuk kelompok yang mendapatkan bantuan domba, akan juga dibuatkan kandang koloni, gudang pupuk, gudang pakan, dan jalan usaha tani.
“Serta akan mendapatkan sarana prasarana pendukung yang dapat membantu meningkatkan produktivitas usahanya, seperti kendaraan roda tiga, mesin chopper, dan mesin pengolah pupuk organik yang pada hari ini akan kita serahkan secara simbolis kepada 5 kelompok penerima bantuan” Pungkasnya.

Sedangkan untuk kelompok yang mendapatkan bantuan ayam kampung, akan diberikan stimulan kandang, penyediaan pakan konsentrat, serta diberikan sarana prasarana pendukung seperti mesin penetas telur.
Program ini selain memberikan bantuan kepada para peternak juga diharapkan dapat memberikan stimulus kepada penerima manfaat seperti hasil pengelolaan pupuk organik, limbah ternak domba, penjualan telur ayam, dan penjualan doc ayam kampung. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close