Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

PPI Kuningan Akan Gelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris

For mania mega:


 

KUNINGAN, - Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Kuningan akan menggelar lomba keterampilan baris berbaris XXV bertempat di GOR Ewangga, Minggu (8/10/2023) mendatang.

Lomba keterampilan baris berbaris ini dibagi menjadi tiga golongan yakni tingkat SD/MI sederajat, SMP/MTs sederajat, SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini dilaksanakan dibawah nahkoda pelaksana Mochamad Rafly Rifaldi yang merupakan pelajar dari SMAN 1 Kadugede, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Para peserta pun akan mendapatkan penilaian dari dewan juri diantaranya Didin Nuryadin, Aris Kusmiran Santana, Faisal dan Muhammad.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Kuningan Fawaz Ibrahim mengatakan, kegiatan LKBB ini merupakan program kerja tahunan, jadi bukan dalam memperingati hari besar apapun.

"Kami menyelenggarakan LKBB ini murni program kerja, dan sebagai ajang silaturahmi serta wadah bagi pecinta baris berbaris untuk ajang evaluasi sejauh mana dari awal tahun mereka berlatih karena di Kuningan sendiri untuk tingkatan SMA sendiri baru ada," ujar Fawaz Ibrahim, Minggu (1/10/2023).

Adapun peserta yang mengikuti LKBB, lanjut Fawaz, keseluruhan terdapat 44 tim terdiri dari tingkatan SD, SMP, SMA sederajat se-Kabupaten Kuningan. SD sendiri diikuti 4 tim, SMP 14 tim, dan SMA 26 tim.

"Poin penilaian yang kami berikan kepada dewan juri cukup banyak mulai dari PBB dasar, kostum, suporter, gerakan PBB hingga variasi formasi. Jadi nanti tidak hanya muncul satu kejuaraan saja," kata Fawaz.

Untuk tingkatan SMP, Fawaz menjelaskan, akan dipilih 9 besar, SD 3 besar dan SMA dipilih 15 besar. Masing-masing tingkatan yang masuk 1 besar akan diberangkatkan ke Jawa Barat untuk final LKBB PPI Jabar.

"Jadi lomba ini kita gelar secara berjenjang, harapan dari kegiatan ini dimana anak-anak tidak hanya belajar baris berbaris. Tetapi bagaimana jiwa korsa mereka selama latihan sudah terbentuk atau tidak, poin pentingnya proses latihan dimana mereka latihan bersama-sama, tepat waktu dan kedisiplinan jiwa korsanya benar- benar terlatih," ujarnya.

Sementara itu, Dewan Juri LKBB XXV Didin Nuryadin mengatakan, mudah-mudahan event di Kabupaten Kuningan ini bisa berjalan dengan lancar dan terus berlanjut setiap tahunnya.

"Penilaian dalam LKBB ini difokuskan pada gerakan dasar, kalau secara keseluruhan pengaturan poin penilaiannya diatur oleh panitia," ujar Didin Nuryadin.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close