Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pemkab Kuningan Tanda Tangani Komitmen Bersama Pembangunan Smart Province

For mania mega:


 

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika membangun komitmen bersama pembangunan Smart Province. Komitmen bersama ini ditandatangani oleh Kepala Diskominfo, Drs. Ucu Suryana, M.Si mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si. Berlangsung di Bandung, Rabu (25/10/2023).

Pemdaprov Jabar berterima kasih kepada tim ahli Kementerian Kominfo atas asistensi dalam penyusunan cetak biru provinsi cerdas.

Berkolaborasi dengan seluruh OPD Provinsi Jabar dan juga perwakilan dari kabupaten dan kota se Jawa barat, penyusunan masterplan Jabar Smart Province akhirnya dapat dirampungkan.

“Terima kasih kepada tim ahli Kemenkominfo yang sudah membantu penyusunan masterplan Jabar Smart Province. Tentu hasilnya luar biasa karena disusun oleh profesor yang ahli dan kompeten,” ujar Plh Asda 3 Setda Provinsi Jabar Hening Widiatmoko.

Kehadiran Hening didampingi Kepala Diskominfo Ika Mardiah kemudian ikut menandatangani komitmen bersama Program dan Rencana Aksi Pembangunan Smart Province di Jabar sekaligus menutup rangkaian bimtek, pada hari itu.

Hening Widiatmoko menyatakan Kementerian Kominfo tidak salah memilih Jabar sebagai pilot project smart province. Terlihat dari keterlibatan aktif OPD dan perwakilan kabupaten dan kota yang bersama-sama menyusun masterplan.

“Sebuah perencanaan akan baik jika ada keterlibatan semua pihak terkait. Setelah disusun visi dan juga penandatanganan komitmen, perlu satu lagi, yakni konsistensi terutama dalam pendanaan untuk 10 tahun ke depan,” ujar Hening.

Ia berharap ada parameter untuk mengukur keberhasilan setiap kabupaten dan kota dalam menjalankan masterplan. Masterplan pun tidak boleh kaku, harus mengikuti perkembangan terkini.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah berharap implementasi smart province di Jabar akan semakin memberikan kemudahan pelayanan publik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kolaborasi yang baik antar stakeholders.

“Jabar sudah mendeklarasikan sebagai provinsi digital, kini ada deklarasi smart province sehingga semakin menguatkan,” tegasnya.

Saat ini pun sudah banyak aplikasi di Jabar yang sudah dibuat dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan. Bahkan sudah dibuat Jabar super apps SapaWarga. Melalui aplikasi tersebut, segala pelayanan publik di Jabar dapat dilayani dengan mudah dan cepat.

Penandatanganan komitmen bersama Pembangunan Smart Province oleh 27 Kabupaten Kota se Jawa Barat usai mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV Penyusunan Masterplan Smart Province yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo dan Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ucu Suryana mengatakan Kabupaten Kuningan telah memasukan inovasi di 6 Dimensi Smart province yakni Smart Governance, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Branding, dan Smart Environment.

“Kabupaten Kuningan masuk dalam klaster utama Jabar dengan arah pembangunan yang meliputi Peningkatan pembangunan desa berbasis pertanian dan pariwisata, Optimalisasi pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pelayanan publik, serta meningkatkan transparansi dan efisiensi pengelolaan pemerintahan dan pembangunan melalui pemanfaatan teknologi,” jelasnya.

Lebih lanjut Kadiskominfo berharap dengan selesainya Bimtek penyusunan masterplan smart province Jawa Barat Tahap IV yang dilanjutkan dengan Penandatanganan komitmen bersama ini dapat meningkatkan pelayanan publik menjadi lebih cepat dan efisien dengan didukung data yang akurat. Selain itu, kolaborasi dengan para stakeholders semakin terjalin dengan baik, serta pembinaan dan pengawasan semakin baik guna mewujudkan Kuningan Smart City dan Jabar Smart Province sehingga akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat.

“Paling penting dalam implementasinya adalah komitmen dan konsistensi sesuai roadmap yg telah disusun bersama,” tegasnya.

Sebagai informasi, penyusunan Masterplan Smart Province telah dilaksanakan secara berkala melalui kegiatan Bimtek, dimulai dari membahas analisis strategi, pembuatan buku masterplan Jabar Smart Province, finalisasi Roadmap (peta jalan) pembangunan smart province, finalisasi konfirmasi ulang program, dan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Kepala Bidang Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kuningan, Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Kuningan, Perwakilan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kab. Kuningan, Perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah 45 Kabupaten Kuningan, Perwakilan Dinas Sosial Kab. Kuningan, Perwakilan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab. Kuningan, dan Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kuningan. (MEGASWARAKUNINGAN)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close