Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pembukaan Propemda Jawa Barat - XV di Kuningan akan di ramaikan 248 Penari Kolosal

For mania mega:


 KUNINGAN- Dalam rangka  kegiatan  Propemda ke - XV di Kuningan  sebanyak  248  Penari Kolosal dari berbagai sekolah di Kabupaten Kuningan tengah giat berlatih untuk memeriahkan Pekan  Olahraga  Pemerintah  Daerah   (Porpemda)  Jawa Barat - XV tahun 2023.  Acara   ini dijadwalkan   berlangsung  mulai tanggal  25 hingga  29 November,  diikuti oleh 27 kabupaten / kota di Jawa Barat.

Koordinator Tari Klosal Porpemda, Oka Mustofa yang juga Guru Seni Musik SMAN 3 Kuningan, menjelaskan  Tari Klosal menggambarkan keindahan dan keberagaman budaya lokal. Tari Klosal menjadi wahana bagi para penari untuk mengekspresikan kecintaan terhadap seni dan tradisi. Untuk pola latihan mulai parsial dan gabungan dengan melibatkan 10 pelatih.

Para penari dijelaskan Oka Mustofa merupakan hasil seleksi  dari sekolah,  seperti SMK Yamsik Kuningan, SMAN 2 Kuningan, SMAN 3 Kuningan, SMAN 1 Kuningan, SMPN 1 Kuningan, dan SMPN 7 Kuningan. Masing-masing sekolah menyumbangkan penari dengan keahlian dan keunikannya, mulai dari Tari  Jaipong, Tari Pergaulan, Tari Topeng, tari Merak, Tari Buyung, Tari Payung, Tarian Umbul-umbul dan Gugunungan.

“Tari Klosal Porpemda yang sarat dengan makna, kami suguhkan sebagai buah karya generasi muda di acara pembukaan Porpemda, pada Minggu 26 November 2023 di  Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan,” katanya.  

Lebih lanjut Ketua DP Korpri Kabupaten Kuningan, Sekda Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, didampingi Ketua Penyelenggara Porpemda Benny Prihayatno, S.Sos, M.Si, memberikan apresiasi atas partisipasi dan dedikasi para penari hasil seleksi sekolah yang turut serta untuk memeriahkan kegiatan Porpemda. “Seni tari, selain hiburan tetapi juga sarana mempererat kebersamaan dan memperkenalkan kekayaan budaya daerah,” kata Sekda Dian.

Menurut Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Porpemda Jawa Barat-XV bukan hanya tentang olahraga, melainkan tentang memperkuat tali silaturahmi antar Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong ASN agar berolahraga secara teratur dan berkesinambungan, sekaligus menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam olahraga.

Benny Prihayatno, S.Sos, M.Si, menambahkan pertandingan olahraga dalam Porpemda akan melibatkan 15 cabang, termasuk Bola Voli, Bulu Tangkis, Billiard, Bola Basket, Catur, Futsal, Tenis Meja, Senam, hingga Golf dan Sumpitan. Kabupaten Kuningan bersemangat menjadi tuan rumah, siap menyuguhkan acara yang meriah dan penuh semangat, baik dari segi olahraga maupun seni. (pade)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close