Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Pelaku UMKM Harus Bisa Manfaatkan Potensi Pariwisata Kuningan

For mania mega:


 

KUNINGAN, - Kabupaten Kuningan memiliki sumber daya alam yang menjadi potensi pariwisata. Sektor luar biasa ini merupakan aset yang bisa dimanfaatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) secara maksimal.

Jika hari ini masih terdapat masyarakat yang prasejahtera atau belum mendapat pekerjaan. Melalui potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan ekonomi.

Staf Khusus Dewan Pertimbangan Presiden bidang Kerjasama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Arya Permana Graha mengatakan, pihaknya berkemah di Waduk Darma bersama jurnalis juga bagian dari promosi bahwa keindahan alam pada malam hari sangat memiliki potensi yang bagus.

"Saya berharap bahwa masyarakat Kabupaten Kuningan bisa mengoptimalkan dengan potensi pariwisata yang ada di Kuningan khususnya Waduk Darma. Bicara Kabupaten Kuningan dengan segala potensi pariwisata tidak hanya Waduk Darma, potensi alam lainnya seperti di kaki dan lereng Ciremai itu luar biasa jika dimaksimalkan untuk membuka lapangan kerja dan menggerakan ekonomi pariwisata," ujar Arya Permana Graha, Sabtu (30/9/2023).

Dikatakan Arya, potensi produk-produk pertanian juga dapat membuka pekerjaan untuk menggerakan pelaku UMKM, tinggal bagaimana olahan-olahan tidak hanya satu rasa. Tetapi bagaimana membuat kemasan menarik sehingga akhirnya dengan potensi pariwisata Kuningan seperti pisang, ubi maupun hasil pertanian lainnya bisa menjadi produk unggulan.

"Kaitan dengan cita rasa dan kemasan menarik hingga akhirnya secara tidak langsung UMKMnya menjadi unggulan. Ini yang harus dimaksimalkan oleh pelaku-pelaku UMKM Kuningan, kebutuhan pariwisata ada dua untuk bisa dinikmati masyarakat tidak hanya Kuningan, Jawa Barat dan skala nasional. Kami menyarankan masyarakat harus bisa mengoptimalkan promosi, apalagi kita telah dibantu dengan teknologi. Jadi tidaklah sulit untuk melakukan promosi daripada potensi pariwisata Kuningan maupun ekonominya," kata Arya.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close