Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Operasi Pasar Murah Beras di Kabupaten Kuningan Membantu Masyarakat Hadapi Kenaikan Harga

For mania mega:


 KUNINGAN – , 17 Oktober 2023 – Operasi Pasar Murah Beras di Kabupaten Kuningan telah dimulai hari ini di Kecamatan Cigugur. Inisiatif ini merupakan hasil kerja sama antara Perum Bulog Sub Drive Cabang Cirebon dan Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian.

Operasi pasar khusus ini bertujuan untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah yang terdampak oleh kenaikan harga beras. Sebanyak 100 ton beras akan didistribusikan ke 10 kecamatan, termasuk Kecamatan Cigugur, Kecamatan Darma, Kecamatan Cibingbin, Kecamatan Nusaherang, Kecamatan Cidahu, Kecamatan Kalimanggis, Kecamatan Kuningan, Kecamatan Pancalang, Kecamatan Ciniru, dan Kecamatan Kadugede.

Operasi pasar murah beras ini dihadiri oleh Bupati Kuningan, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, serta para Camat. Masyarakat setempat merespon dengan antusias.

Kenaikan harga beras disebabkan oleh faktor cuaca yang tidak bersahabat dan dampak dari El Nino yang mengakibatkan sistem irigasi mengering, menyebabkan gagal panen di sebagian besar wilayah. Pemerintah Kabupaten Kuningan bersama dengan Bulog Cabang Cirebon hadir untuk mengatasi masalah ini dan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok.

Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Operasi Pasar Murah ini dapat membantu meringankan beban hidup saudara kita. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi ikut serta melaksanakan Operasi Pasar Murah. Sehingga kesempatan yang baik ini, masyarakat bisa dilayani dengan jarak dekat dan harga yang murah,” katanya.

Bupati berharap, program pasar yang dilaksanakan Diskopdagperin tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd. mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Bulog Cirebon, disediakan 100 ton Beras Medium untuk operasi pasar kali ini setiap kecamatan mendapatkan jatah 10 ton beras. Beras yang dijual yaitu dalam bentuk kemasan 5 Kilogram dengan harga Rp.52.000,-. Masyarakat bisa membeli Beras Medium dengan harga per kilogramnya Rp.10.400,- dibawah HET untuk Beras Medium Rp.10.900,- /Kg. Dengan operasi pasar ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan Beras dengan harga lebih terjangkau serta dapat menekan harga Beras di pasaran.

Jadwal pelaksanaan Operasi Pasar Beras di 10 kecamatan telah ditetapkan, dimulai dari Kecamatan Cigugur pada 17 Oktober 2023, dan berlanjut hingga Kecamatan Kadugede pada 7 November 2023. Dengan upaya ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh beras dengan harga yang lebih terjangkau, serta dapat membantu menekan harga beras di pasaran. (Bid IKP/Diskominfo)

Berikut jadwal pelaksanaan Operasi Pasar Beras di 10 Kecamatan :

Kecamatan Cigugur : 17 Oktober 2023

Kecamatan Darma : 18 Oktober 2023

Kecamatan Cibingbin : 19 Oktober 2023

Kecamatan Nusaherang : 24 Oktober 2023

Kecamatan Cidahu : 25 Oktober 2023

Kecamatan Kalimanggis : 26 Oktober 2023

Kecamatan Kuningan : 31 Oktober 2023

Kecamatan Pancalang : 1 November 2023

Kecamatan Ciniru : 2 November 2023

Kecamatan Kadugede : 7 November 2023

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close