Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Kader Posyandu Desa Mandirancan Masuk Tingkat Nasional

For mania mega:


 


KUNINGAN-Kader Posyandu Kabupaten Kuningan masuk  6 besar tingkat nasional, Ani Yuliani Kader Posyandu Melati Desa/Kecamatan Mandirancan saat ini dalam tahapan verifikasi lapangan oleh Tim Verifikator  Kemenkes, Kemendagri, Kemendes PDTT, dan TP PKK Pusat dalam rangka pemberian penghargaan Tingkat Nasional bagi Kader Berprestasi Tahun 2023. Rabu (25/10/2023) di Ruang Rapat Kerja Sekda  Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si memimpin rapat persiapan verifikasi bersama Pokjanal Kabupaten.

Sekda Dian yang juga Ketua Pokjanal Posyandu Kabupaten Kuningan, menuturkan dalam perjalanannya Pemkab Kuningan telah melakukan Lomba Posyandu dan Kader Posyandu  dengan tahapan klarifikasi dan penilaian lapangan melibatkan DPMDes, Dinkes, DPPKBP3A, Disdikbud, DPMD, DKP, DLH, Bappeda, Diskominfo,  Bagian Kesra Setda, Tim dari TP.PKK, dan Pendamping Posyandu Juara (PPJ) Kabupaten Kuningan. Penilaian berlangsung dari tanggal 13 hingga 14 Juni 2023.

“Kami mengucapkan selamat kepada Ani Yuliani Kader Posyandu Melati atas prestasinya . Saat ini akan ada tahapan verifikasi. Untuk itu,   agar dokumen dan inovasi sebagai kader Posyandu dapat dipersiapkan dan dipertanggungjawabkan. Sehingga inovasinya akan menjadi percontohan,  yang lebih membanggakan menjadi Kader Posyandu terbaik tingkat nasional, ini merupakan kado buat Pak Bupati dan Wabup atas prestasi dalam layanan kesehatan,“harap Sekda Dian.

Lebih lanjut Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Rahmatika, SE yang hadir pada acara rapat memberikan apresiasi kepada Ani Yuliani Kader Posyandu Melati karena bagaimanapun ia adalah Kader PKK yang terbaik di Kabupaten Kuningan. Selamat dan semoga menjadi Kader Posyandu terbaik tingkat nasional, yang akan menjadi teladan untuk kader yang lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mandirancan Didi Asmadi menuturkan bahwa Ani adalah sosok Kader Posyandu yang selalu semangat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui Posyandu. Salah satu inovasinya ada Karomah, yaitu Kader Posyandu Masuk rumah, bahkan tak segan selalu menyambangi ketika ada  bayi sakit langsung ke rumah warga.

Untuk meningkatkan dan menghadapi  beberapa tantangan Kader Posyandu Melati Dusun Wage Desa Mandirancan  Ani Yuliani Kader  memiliki inovasi, antara lain Posling (Posyandu Keliling), Sabunan (Arisan Bulanan Posyandu), Jimpitan, Sicentring (Asi Eksklusif Atasi Stunting), Spora (Semangat Posyandu Remaja),  My Darling (Masyarakat Sadar Lingkungan),  Gelis Getol (Gerakan Lingkungan Sehat Dan Gerakan Tanam Obat Keluarga), Tensu (Tensi Sukarela), Permata Hati (Pemberian PMT ti Desa), Saroja (Sharing Problem Remaja).

Selain itu, Karoman (Kader Datang Ka Imah), Pusva Test (Pus Melakukan Iva Test), Semboyan (Senam Bari Moyan), Gergazi (Gerakan Sadar Gizi), Saleting (Satu Lele Cegah Stunting), Mapah (Memanfaatkan Pekarangan Imah), Vakcoy Gasik (Vaksin Coy, Ga Vaksin Ga Asik), Mager Cevir (Masker Gratis Cegah Virus), Rubo (Rumah Bebas Asap Rokok)

Sahrini (Sehat Sejahtera Sejak Dini), Sabaki (Sayangi Balita Kita), Kape Ababil Batik (Kader Peduli Anak dan Bumil), Lantera (Lansia Tetap Gembira), Gergazi (Gerakan Keluarga Sadar Sadar Gizi), Promah (Produksi PMI di Imah), Elus Cinta (Telur Susu Tenga Stunting Pada Balita), Masaji (Masyarakat Sadar Gizi), Jelita (Jemput Balita dengan Cinta), Besina (Bersih dari Narkoba), Pipih (Pilah Pilih Sampah), Bukantin (Bubur Ikan Patin), dan Bukarjo (Bubur Kacang IJo).

Drs. H. Tedy Noviandi, M.Si. Sekretaris Dinas Kesehatan bersama H. Iding Subkoor Analisis DPMDes Kabupaten Kuningan, mengatakan bahwa verifikasi lapangan oleh Tim Verifikator  Kemenkes, Kemendagri, Kemendes PDTT, dan TP PKK Pusat akan melakukan verifikasi dokumen dan Inovasi Kader Posyandu berlangsung hingga 27 Oktober 2023. Hasil verifikasi bagi yang terbaik akan mendapatkan  penghargaan Tingkat Nasional bagi Kader Berprestasi Tahun 2023. (MEGASWARAKUNINGAN)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close