Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Hadiri Pesta Dadung Di Legokherang, Bupati Ajak Masyarakat Untuk Merawat Tradisi

For mania mega:


 

KUNINGAN-Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH menghadiri kegiatan budaya Pesta Dadung yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Legokherang Kecamatan Cilebak. Minggu (29/10/2023).

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Kebudayaan Disdik Emup Muplihudin, S.Pd, Sekretaris Camat Cilebak, Kepala Desa Legokherang Warism, dan Kepala Desa sekitar di Kecamatan Cilebak.

Pesta dadung yang mengangkat tema “Geusan ngahontal udagan anu utama” ini, Kades Warsim mengatakan bahwa di Desa Legokherang ini mempunyai tradisi kesenian dan kebudayaan yang terus dikembangkan sampai saat ini seperti diantaranya ialah pesta dadung dan sedekah bumi yang sebelumnya sudah terlaksana. Hal ini sebagai bentuk melestarikan tradisi leluhur yang sudah tertanam dalam masyarakat sunda agraris Desa Legokherang agar tetap hidup dalam jiwa raga masyarakat, selain itu masyarakat juga mempunyai ciri mandiri dalam memegang warisan budayanya.

Sementara itu Bupati Acep mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan di Desa Legokherang yaitu pesta dadung dan sedekah bumi, hal ini tentu harus dapat dimaknai oleh seluruh masyarakat sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang sudah memberikan kenikmatan kepada masayarakat Desa Legokherang.

“Saya juga mengajak kepada masyarakat Desa legokgerang dan Cilebak untuk dapat merawat dan meruwat suatu tradisi untuk diwariskan kepada anak cucu kita nanti dan kepada generasi muda untuk bisa jadi ahli waris kebudayaan untuk di lestarikan kedepannya”, ujarnya.

Lebih lanjut Ia juga berharap kepada masyarakat, kegiatan inipun untuk dapat dijadikan sarana silaturahmi dengan seluruh masyarakat tentu dengan membagun nilai-nilai yang positif. (MEGASWARAKUNINGAN).

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close