Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bupati Kuningan Gelar Baksos Kesehatan Gigi dan Mulut Kerjasama Dengan PDGI dan ICD

For mania mega:


 KUNINGAN –Bupati Kuningan H.Acep Purnama SH.MH kerja bareng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Kuningan dan International College of Dentists (ICD) Region 38  menyelenggarakan bakti sosial berupa pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi dan mulut. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 4 Hari, mulai dari Kamis sampai dengan Minggu (12-15 Oktober) di 4 titik berbeda.

Melibatkan 100 Dokter Gigi profesional di bidangnya, Bakti sosial ini berisi berbagai acara seperti Penyuluhan dan edukasi kepada siswa, Sikat gigi bersama Anak Sekolah Dasar, Pengobatan berupa; tambal gigi, operasi gigi bungsu dan operasi bibir sumbing, serta dibantu oleh Dokter Gigi Spesialis Bedah mulut sebanyak 3 orang dan perawat gigi kurang lebih sebanyak 45 orang.

Kegiatan tersebut menyasar setidaknya 10.000 Siswa Sekolah Dasar dan 3.000 masyarakat umum, Bakti sosial ini akan diselenggarakan di Pendopo Kuningan, Kawasan Wisata Waduk Darma, Kantor Kecamatan Luragung dan RSUD 45.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Gala Dinner di Pendopo Kabupaten Kuningan yang diselenggarakan pada Kamis malam (12/10/2023) Bupati Kuningan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya bakti sosial ini yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat Kuningan.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian para dokter gigi terhadap kesehatan masyarakat,” Ujar Bupati yang akan purna tugas pada Desember mendatang.

Bupati Kuningan menyampaikan dalam arahannya bahwa tubuh yang sehat merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Tetapi bukan hanya kesehatan tubuh saja yang penting di jaga, karena kesehatan gigi dan mulutpun perlu menjadi prioritas dalam menjaga kesehatan.

“Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang tidak hanya berpengaruh terhadap rongga mulut serta fungsi pengunyahan, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung. kesehatan gigi yang dipelihara dengan baik sejak dini dapat berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan di kemudian hari”. Ujarnya.

“Pada anak sekolah, masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang penting karena tidak saja menyebabkan keluhan rasa sakit, tetapi juga menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lain sehingga mengakibatkan menurunnya produktivitas”. Ucap Bupati Acep.

Ketua PDGI Jawa Barat menuturkan bahwa selama pelaksanaan kegiatan bakti sosial selama ini yang diadakan di Jawa Barat, kegiatan yang mendapat support yang luar biasa adalah dari Pemerintah Daerah Kuningan.

“Kami ucapkan terimakasih atas support dan apresiasi yang luar biasa di Kuningan, terutama kepada Pak Bupati yang mendukung kami sepenuhnya, karena kami selalu percaya bahwa Kesehatan gigi dan mulut ini sangat memiliki peran yang penting untuk menurunkan angka stunting”. Ucapnya.

Sementara itu Ketua ICD menyampaikan bahwa Kegitan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi sebagai bentuk bakti pada negeri dari para dokter gigi yang tergabung dalam ICD Region 38 dan PDGI.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para dokter gigi untuk terjun langsung di masyarakat daerah” Ujarnya.

Selanjutnya, rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, Sikat gigi bersama anak Sekolah Dasar dan pemeriksaan Gigi untuk masyarakat umum yang bertempat di pendopo Kabupaten Kuningan pada Jumat  (13/10/2023).

Setidaknya ada 1.500 siswa Sekolah Dasar hadir, yang berasal dari SDN 17 Kuningan dan SDN 1 Awirarangan yang nampak bergembira menyambut pelaksanaan sikat gigi bersama itu.

Bupati Acep menyapa anak-anak dengan seruan agar senantiasa menggosok gigi sehari 2 kali. Juga agar selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. (Megaswarakuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close