Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bupati Acep Buka Agenda Scorpion 4, Upaya Peningkatan SDM Bagi Para Saka Pariwisata terkait Kepariwisataan

For mania mega:


 


KUNINGAN – Sebanyak 1191 Pramuka Penggalang dan Penegak dari berbagai SMP sederajat dan SMA sederajat yang tergabung dalam Pramuka Saka Pariwisata Kabupaten Kuningan mengikuti perkemahan Scorpion (Scout Tourism Competition) Aksi (Aktif Kreatif dan Berprestasi) ke 4. Acara tahunan yang diinisiasi oleh Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan itu bertujuan untuk meningkatkan Kapasitas SDM Kepramukaan dalam bidang Pariwisata. Kamis (26/10/2023).

Dibuka oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH MH didampingi oleh Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Hj Ika Siti Rahmatika, para peserta akan berkemah mulai dari hari Kamis hingga dengan Hari Sabtu, 28 Oktober. Bertempat di Open Space Gallery, Linggajati. Adapun Saka Pariwisata sendiri merupakan wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata di daerah.

Upacara pembukaan dimulai dengan penampilan Pionering dari berbagai Sangga (Kelompok Pramuka) yang mengitari lapangan untuk di pertontonkan. Pionering adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek, Seperti bangunan kreatif, tandu, menara pandang kaki tiga, menara segitiga terbalik, menara kaki empat, dan alat-alat lain nya. Selanjutnya Upacara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagi Indonesia Raya dan pembacaan Dasa Dharma oleh petugas.

Dr Carlan SPD M.MPD selaku Kepala Disporapar yang juga Mabi Saka Pariwisata Kuningan dalam laporannya menyebutkan, bahwa perkemahan ini sebagai ajang silaturahmi penggalang dan penegak Saka Pariwisata kabupaten kuningan. “Juga merupakan upaya peningkatan kompetensi SDM pramuka di bidang pariwisata sehingga kedepan ada regenerasi agen-agen Pariwisata yang dapat memajukan potensi wisata di Daerah” Ucapnya. KadisPorapar yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu dari rotasi Pejabat Tinggi Pratama tersebut juga menyebutkan bahwa setiap sekolah mengirimkan 2-3 Sangga. “Setiap sangga berisikan 8-10 orang Pramuka Penggalang dan Penegak, berasal dari berbagai Sekolah se-Kabupaten Kuningan”

Sementara dalam sambutannya, Bupati Acep menyebutkan bahwa maksud dari Kegiatan ini tak lain untuk membangun jiwa Patriotik, taat hukum, Disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa. “Sebagai kader pemuda yang secara umum menjaga dan membangun NKRI dan khususnya dapat memajukan pembangunan Pariwisata di Kabupaten Kuningan” Ujar Acep.

Bupati Acep berpesan agar menepati janji dan komitmen Pramuka sebagaimana telah di ucapkan bersama dalam Satya Pramuka dan Dharma Pramuka. “Agar selalu menjadikannya sebagai tuntunan dan mempersatukan setiap anggota Pramuka untuk sepenuh hati mengabdi demi Kepentingan Bangsa dan Daerah yang kita cintai” tutur Acep.

Rencananya, penutupan Kemah ini akan berbarengan dengan pelaksanaan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 tingkat Kabupaten Kuningan yang juga akan di gelar di OSG Sabtu mendatang. “Kalian patut berbangga, bahwa adik-adik sekalian akan menjadi bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 hari Sabtu nanti. Jaga kesehatan dan tetap semangat dalam menjalani agenda kegiatan” tutup Acep.

Acara dilanjutkan dengan penancapan Trisula pada tunggul kegiatan, penerbangan Merpati oleh Bupati Acep dan Bunda Ika serta pelepasan balon sebagai tanda dimulainya agenda Scorpion 4. (MEGASWARAKUNINGAN)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close