Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Tol Cisumdawu Bisa Jadi Magnet Pertumbuhan Ekonomi di Kuningan

For mania mega:


KUNINGAN, - Kehadiran Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) selain memberikan kemudahan konektivitas bagi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Cisumdawu juga diyakini bisa menjadi magnet bagi pertumbuhan ekonomi daerah yang dilintasi maupun penyangganya.

Salah satunya adalah Kabupaten Kuningan yang memiliki bentangan alam yang sangat mengesankan bagi investor untuk mendongkrak ekonomi dari sektor pariwisata dan pertanian.

Hal ini diungkapkan Bacaleg Partai Amanat Nasional Dapil X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia Dipo Ilham Nurhadi, adanya Tol Cisumdawu, Cipali dan BIJB Kertajati memberikan akses yang mudah bagi Kabupaten Kuningan dan pertumbuhan ekonomi ke depan cukup masif.

"Saya kira Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah cukup bagus dari skala pembangunan infrastruktur. Tinggal pemanfaatan ke depan seperti potensi wisata, pertanian dan SDM Kuningan perlu ditingkatkan karena Kuningan sekarang itu sudah menjadi kabupaten yang lebih strategis," ujar Dipo Ilham Nurhadi, kemarin.

Dipo menyebutkan, SDM Kuningan bisa jauh lebih ditingkatkan. Misalnya melalui UMKM atau unit usaha baru baik itu sektor pariwisata, pertanian dan banyak sektor yang bisa dikembangkan melalui unit kreatif.

"Untuk Kabupaten Kuningan sendiri saya kira banyak yang bisa dikerjasamakan dengan tingkat pusat, di pusat tentu banyak program bantuan apabila wakil rakyatnya memperhatikan. Khusus Kabupaten Kuningan tentu potensi-potensi yang bisa digarap misalnya hasil perkebunan, pertanian," kata Dipo.

Apalagi wisata di Kuningan, lanjut Dipo, paling cukup besar karena memiliki daya tarik dan alam yang sangat bagus, sehingga bisa menjadi faktor pendukung bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Saya lihat sudah banyak kedai, cafe atau tempat kuliner yang bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat. Mengenai BIJB Kertajati ini dan akses Tol Cisumdawu yang baru diresmikan, kita berharap Cisumdawu ini memberi kontribusi positif baik Kabupaten Subang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, Ciamis, Brebes dan Tegal," tutur Dipo.

Menurut Dipo, posisi Kuningan sangat diuntungkan. Oleh karena itu dengan demografi yang mudah sekali adanya dua jalan tol dan bandara ini memudahkan bagaimana potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya bisa ditingkatkan.

"Saya tahu tanaman jahe banyak ditanam di Kuningan, gimana caranya kualitasnya bisa ekspor. Ini salah satu yang bisa dikembangkan ke depan bagaimana sektor pertanian bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, hal ini yang perlu kita gali," ujarnya.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close