Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Jangan Lakukan 2 Hal Ini demi Cegah Kebakaran

For mania mega:


 

KUNINGAN, - Unit Pelaksan Teknis Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan merilis peristiwa kebakaran sepanjang Januari hingga September 2023.

Dalam rilis tersebut, kebakaran tahun ini didominasi kebakaran lahan atau kebun sebanyak 87 kejadian. Kemudian urutan kedua yakni kebakaran rumah sebanyak 53 kejadian.

Untuk menjaga lingkungan dari kebakaran, warga diminta bisa menjaga kenyamanan lingkungan dan menjaga keamanan. Menjaga lingkungan untuk tidak melakukan membuang puntung rokok sembarangan dan membuat pembakaran di areal lahan kering.

Seperti halnya kejadian di lahan milik perusahaan garmen di Desa Manggari, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan telah terjadi kebakaran yang sumber apinya tidak diketahui warga.

Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan Khadafi Mufti mengatakan, mengingat kasus kebakaran didominasi lahan atau kebun. Ia mengimbau kepada warga untuk tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok sembarangan.

"Guna mencegah kebakaran lahan atau kebun di desa lainnya, kami sarankan Pemerintah Desa untuk membentuk Satgas Karhutla agar bisa mencegah atau mengingatkan kepada warganya untuk tidak membakar sampah maupun membuang rokok sembarangan," ujar Khadafi.

Untuk mencegah kebakaran, lanjut Khadafi, Satgas Karhutla di desa ini sangat perlu karena sudah menjadi tugas bersama semua kalangan agar tidak terjadi kebakaran lahan karena api akan cepat menjalar terutama di lahan kering dan sulit dipadamkan karena sumber daya air sulit didapat saat kemarau.

"Kami meminta kepada kecamatan dan desa untuk mengkampanyekan tidak membuang puntung rokok sembarangan dan meminta warga untuk tidak membakar sampah yang dapat memicu terjadinya kebakaran lahan termasuk mencegah kebakaran rumah," kata Khadafi.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close