Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Hadapi Tahun Politik, PPDI Kuningan Pastikan Perangkat Desa Netral

For mania mega:


 

KUNINGAN, - Menghadapi tahun politik 2024, banyak poros kekuatan kelompok yang dibentuk atau dikukuhkan. Seperti halnya pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia Kabupaten Kuningan yang dilantik, Kamis (21/9/2023) di Pendopo Bupati Kuningan.

Meksi dilantik menjelang tahun politik, PPDI Kabupaten Kuningan memastikan seluruh perangkat desa akan bersikap netral.

Ketua PPDI Kabupaten Kuningan, Ade Sudiman mengatakan, pihaknya akan mengedepankan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 bahwa perangkat desa tidak boleh berpolitik atau terlibat politik praktis.

"Saya sebagai ketua punya kewajiban bahwa ke depan semua perangkat desa harus netral karena aturannya perangkat desa tidak boleh berpolitik atau terlibat politik praktis," ujar Ade Sudiman.

Kaitan kepemiluan ke depan, lanjut Ade, pihaknya akan selalu mengingatkan kepada seluruh perangkat desa agar tidak terbawa arus perpolitikan baik Pileg, Pilkada, Pilgub maupun Pilpres.

"Insya allah kami akan bangun komunikasi agar teman-teman memahami bahwa perangkat desa itu netral, tidak boleh berpolitik maupun terlibat politik praktis," kata Ade.

Kalau sanksi khusus, Ade menyebutkan, bagi PPDI sendiri akan mengikuti acuan daripada Bawaslu. Ketika Bawaslu memberi teguran, peringatan dan disampaikan kepada PPDI. Tentu akan ditindak lanjuti.

"Makanya kami disini sudah memiliki kesekretariatan di Ancara belakang gedung DPRD atau sebelah barat Polres Kuningan. Kesekretariatan ini untuk memudahkan kami dalam berkomunikasi baik pengurus maupun antar perangkat desa," ujarnya.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close