Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Dorong Kawasan Wisata Bisa Jadi Daya Tarik Bagi Investor

For mania mega:


 

KUNINGAN, - Kabupaten Kuningan yang dikenal sebagai destinasi wisata alam, guna menunjang kebutuhan investasi. Kawasan wisata perlu adanya dorongan agar menjadi daya tarik bagi investor.

Disisi lain, dengan hadirnya Tol Cisumdawu dan BIJB Kertajati  akan sangat menguntungkan Kabupaten Kuningan jika BIJB Kertajati menjadi tempat kunjungan bagi wisatawan ketika kawasan wisata mendapat dorongan yang sangat bagus seperti halnya infrastruktur jalan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Toto Toharudin mengatakan, pihaknya terus berdiskusi dengan Dinas Pariwisata se Ciayumajakuning untuk memastikan kolaborasi antar daerah.

"Hadirnya Tol Cisumdawu dan BIJB Kertajati bisa menjadi tempat kehadiran wisatawan, sehingga kita akan mudah berbagi peran di Ciayumajakuning. Ini sudah disepakati dan Bank Indonesia sudah memfasilitasi bertemu dan sudah menandatangani perjanjian kerjasama sektoral," ujar Toto Toharudin, Senin (11/9/2023)

Didalam perjanjian itu, lanjut Toto, diantaranya promosi dan berbagi peran. Misalnya Cirebon dengan batik dan kulinernya, Kuningan dengan wisatanya. Itu sudah disepakati bersama.

"Kita juga sedang mengkaji peluang-peluang untuk bisa mendorong pendapatan asli daerah, bagaimana wilayah Palutungan bisa didorong jadi kawasan wisata sehingga para investor tidak ragu untuk mengembangkan obyek wisata atau wahana baru," kata Toto.

Toto menyebutkan, kawasan wisata yang harus ditingkatkan diantaranya sarana prasarana mulai dari infrastruktur jalan, kemudian kelengkapan dari para obyek wisata ketika membuka wahana baru.

"Itu yang sangat dinantikan, disamping kita juga berbenah desa wisata. Kemarin kita juga memoles Desa Tundagan karena termasuk salah satu desa wisata ternyata memiliki potensi yang luar biasa, sayangnya belum ditunjang oleh infrastruktur jalan yang memadai. Konon kabarnya kebagian untuk pengembangan kawasan wisata disana," jelas Toto.

Diungkapkan Toto, masyarakat disana sedang berbenah seperti pembinaan SDM dan melakukan penataan setelah melihat ada agro wisata disana yang cukup menarik.

"Mengatasi pembangunan di Palutungan justru sedang kita diskusikan dan masalah ini juga sudah disampaikan ke Sekda Kuningan Dian Rahmat Yanuar untuk memastikan bagaimana disana ada pintu gerbang masuk untuk melihat riilnya berapa kunjungan wisata ke kawasan Palutungan. Alhamdulillah masyarakat disana sangat respek ketika dilontarkan gagasan ini, kemudian dari legislatif juga memberi dukungan. Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan PAD dari sektor pariwisata," ujarnya.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close