Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Dinkes Kuningan Minta Warga Waspadai Penyakit Saat Pancaroba

For mania mega:

 


KUNINGAN, - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan meminta kepada warga untuk mewaspadai penyakit yang timbul atau kerap muncul saat musim pancaroba. Pancaroba sendiri peralihan musim kemarau menuju musim penghujan.

Penyakit yang biasa muncul pada pancaroba seperti sekarang ini diantaranya gejala batuk, flu, diare, tifus, demam berdarah, dan penyakit demam tifoid.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Dr. Hj. Susi Lusiyanti mengatakan, cuaca bulan September ini memang mengalami perubahan cuaca yang sangat ekstrim melanda dunia termasuk Indonesia sehingga musim pancaroba ini agak panjang.

"Kita mendapat kabar bahwa puncak musim kemarau itu terjadi dibulan September, sehingga harus diwaspadai beberapa penyakit yang biasanya datang pada musim pancaroba seperti ini," ujar Susi Lusiyanti saat ditemui di Pendopo Bupati Kuningan, Senin (11/9/2023).

Dikatakan Susi, penyakit yang sering muncul pada musim seperti sekarang ini biasanya demam tifoid, demam berdarah, batuk, flu. Utamanya adalah penyakit dbd dan tifoid dimana gejalanya itu hampir sama.

"Kita sudah intruksikan dengan membuat surat edaran ke seluruh Puskesmas untuk mewaspadai itu dan kita sudah minta Puskesmas mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tanda-tanda gejala penyakit tersebut untuk segera ditindaklanjuti," kata Susi.

Diungkapkan Susi, alhamdulillah kasus demam berdarah dan penyakit semasa musim pancaroba mulai menurun, akan tetapi masih dalam pengendalian.

"Pesan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit dbd dan tifoid dengan cara menjaga kebersihan dengan cara mengubur benda - benda yang tidak berguna, jangan menggantungkan pakaian ditempat gantungan, rutin membersihkan kamar mandi. Jadi menjaga kebersihan hal utama untuk mewaspadai penyakit tersebut, alhamdulillah untuk obat-obatan sampai tahun ini sudah sangat aman," ujarnya.

(Reporter : Hilman Wijaya)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close