Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Beri Kuliah Umum di FKOM Uniku, Kadiskominfo Kuningan: Mari Bangun Talenta Digital

For mania mega:




 KUNINGAN – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si memberikan Kuliah Umum di hadapan sekitar 400 mahasiswa/i baru Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang digelar di Kampus II Universitas Kuningan, Selasa (12/09/23).

Dalam paparannya, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si mengatakan bahwa Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor kehidupan, diantaranya mengubah cara berbisnis, Pendidikan, dan mengubah cara masyarakat dalam berinteraksi. Maka, diperlukan talenta-talenta digital yang cakap dalam menguasai teknologi digital.

“Saat ini adalah saatnya era digital, era industry 4.0, dan era society 5.0 dimana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri dan internet bukan hanya digunakan untuk sekedar berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan,” ujarnya.

Selain itu, Kadis Kominfo menjelaskan perlunya para mahasiswa/i memahami literasi dasar yang merupakan salah satu pilar penting dalam perkembangan transformasi digital. Menurutnya, Literasi dasar yang wajib dipahami dan dikuasi oleh mahasiswa/i yaituLiterasi Baca Tulis, Literasi Numerisasi, Literasi Sains, Literasi Finansial, Literasi Kebudayaan, dan Literasi Digital.

Terkait Literasi Digital, Dr. Wahyu juga menekankan kepada mahasiswa/i untuk menerapkan empat pilar digital dalam kehidupan sehari-hari. Diantaranya Digital SkillsDigital CultureDigitial Ethics, dan Digital Safety.

“Anak-anak FKOM harus memiliki kemampuan digital yang mumpuni, harus memiliki budaya digital yang baik, memiliki etika yang baik dalam menggunakan teknologi digital, serta menjaga kemanan data pribadi. Jangan sampai data pribadi kita digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan mereka,” tutur beliau.

Lebih lanjut, Kadis Kominfo menjelaskan bahwa transformasi digital yang terjadi akan membuka peluang yang menguntungkan. Seperti membuka toko online, menjadi seorang youtuber, konten kreator, jasa pembuatan website, jasa pembuatan aplikasi, penulis konten digital, Cloud Hosting dan lainnya. Maka dari itu, perlunya kecapakan digital dari seluruh masyarakat, khususnya mahasiswa untuk menjawab tantangan dan kebutuhan di masa depan.

“Pada tahun 2025 nanti, Indonesia membutuhkan 110 juta pekerja digital. Dan pekerja dengan keahlian di bidang Cloud akan sangat dicari, termasuk oleh perusahaan teknologi,” lanjutnya.

Diharapkan melalui kuliah umum ini, mahasiswa/i khususnya FKOM Universitas Kuningan dapat menjadi talenta-talenta muda yang cakap digital. Cakap dalam menggunakan aplikasi digital, cakap dalam mengelola informasi dan mengenal gangguan informasi, memiliki kemampuan mengakses teknologi digital dan memiliki kemampuan berpikir berbeda dengan generasi sebelumnya, serta memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. (IKP/DISKOMINFO)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close