Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bupati Kuningan Ikuti Pidato Kenegaraan : Presiden Tekankan Indonesia Emas 2045

For mania mega:




 Kuningan- Rabu, 16 Agustus 2023 Bupati Kuningan bersama dengan Forkopimda Mengikuti Pidato Presiden RI Ir. Jokowidodo dalam rangka  Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI Tahun 2023. Bertempat di ruang sidang utama gedung DPRD kabupaten Kuningan.Setelah menyanyikan lagu indonesia Raya kegiatan ini dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Kuningan

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH,, Wakil Bupati Kuningan m H. M Ridho Suganda, SH., M.Si,, Ketua DPRD Nuzul Rachdi, SE, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, ,Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala kejaksaan Negeri Kuningan Dudy Mulyakusumah, SH., MM, Ketua Pengadilan Negeri Lusiana Amping, SH., MH, Anggota DPRD Kab. Kuningan, Kepala SKPD, kepala Bagian Lingkup Setda, Instansi Vertikal, Ketua Penggerak PKK, Ketua Bayangkara, Ketua Darma Wanita dan Ketua Persit.

Presiden Republik Indonesia  Ir. Jokowidodo nampak mengenakan pakaian adat Patimban Provinsi Maluku. Presiden Jokowi menegaskan Bonus demografi yang akan mencapai puncak di tahun 2030-an adalah peluang besar kita untuk meraih Indonesia Emas 2045. 68 persen adalah penduduk usia produktif, disinilah kunci peningkatan produktivitas nasional kita. Selanjutnya, peluang besar yang kedua adalah International Trust yang dimiliki Indonesia saat ini yang di bangun bukan sekedar yang gimmick danretorika semata melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian Indonesia dalam bersikap.

Presiden menyatakan bahwa Momentum Presidensi Indonesia di G20, Keketuaan Indonesia di ASEAN, konsistensi Indonesia dalam menjunjung HAM kemanusiaan dan kesetaraan serta kesuksesan Indonesia menghadapi krisis dunia tiga tahun terakhir ini telah mendongkrak dan menempatkan Indonesia kembali dalam peta percaturan dunia. Dan, di tengah kondisi dunia yang bergolak akibat perbedaan Indonesia dengan Pancasila-nya, dengan harmoni keberagamannya, dengan prinsip demokrasinya, mampu menghadirkan ruang dialog, mampu menjadi titik temu dan menjembatani perbedaan-perbedaan yang ada.

Presiden menegaskan Dengan International Trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih diakui, kedaulatan kita akan lebih dihormati, suara Indonesia akan lebih di dengar sehingga lebih memudahkan kita dalam setiap bernegosiasi. Peluang tersebut harus mampu kita manfaatkan, rugi besar kita jika melewatkan kesempatan ini karena tidak semua negara memilikinya dan belum akan kembali memilikinya sehingga strategi pertama untuk memanfaatkan kesempatan ini adalah mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia. Kita telah berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6 persen di 2022 dari angka sebelumnya 37 persen. Menaikkan Indeks pembangunan manusia menjadi 72,9 di 2022, menaikkan indkes pemberdayaan gender menjadi 76,5 di tahun 2022, menyiapkan anggaran perlindungan sosial total kalau di jumlah dari 2015 sampai 2023 sebesar Rp3.212 triliun termasuk didalamnya: Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, KIP Kuliah, PKH, Kartu Sembako serta perlindungan kepada lansia, penyandang disabilitas dan kelompok-kelompok rentan lainnya, serta re-skilling dan up-skilling tenaga kerja melalui balai latihan kerja dan program kartu pra-kerja.

Pembangunan infrastruktur dan konektivitasi pada akhirnya menaikkan daya saing kita. Kita tahu berdasarkan International Institute for Management Development (IMD) daya saing kita di tahun 2022 naik dari rangking 44 menjadi 34. Ini merupakan, kenaikan ini merupakan kenaikan tertinggi di dunia. Pembangunan dari desa, pembangunan dari pinggiran dan daerah terluar yang pada akhirnya memeratakan ekonomi kita, dengan dana desa yang kita gelontorkan total mencapai Rp539 triliun dari tahun 2015 sampai tahun 2023.

Setelah disampaikannya pidato kenegaraan oleh Kegiatan ini acara ditutup Oleh Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Nuzul Rachdi, SE. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close