Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Band Kapten Rilis Lagu Baru

For mania mega:

                                                                                                                                      Dok: Band Kapten
 

Portal Berita Megaswara

KAPTEN adalah band yang terbentuk dari ajang reality show di TV7, salah satu TV Swasta Nasional Indonesia di tahun 2004 silam. Band yang terkenal dengan lagu-lagu seperti LAGU SEKSI, MALAIKAT CINTA, atau JANDA BERANAK DUA, KAPTEN adalah band yang telah lama Malang melintang di industri musik Indonesia. 

Dalam perjalanan nya KAPTEN sempat mengalami guncangan besar, yang memaksa KAPTEN untuk bongkar pasang personel, demi menjaga eksistensi KAPTEN. Namun bagi penggemar nya, yang di kenal dengan nama PASKAP atau Pasukan Kapten, rasa nya tetap bukan KAPTEN yang mereka kenal ketika salah satu personel berganti.

Di akhir tahun 2017, para personel KAPTEN formasi awal memilih untuk kembali berkumpul dan mencoba menyatukan kembali enerji nya untuk bersatu dan berkarya kembali. Sebelum berkarya tentunya KAPTEN butuh waktu untuk menyatukan kembali visi dan misi ke depan. Dan berusaha tetap rendah hati menerima kenyataan bahwa KAPTEN baru muncul lagi dan mungkin di anggap sebagai band baru di Indonesia. Buat KAPTEN itu tidak jadi masalah, karena tujuan nya adalah bagaimana supaya KAPTEN bisa berkarya kembali.

Di tahun 2023 ini, band KAPTEN berkolaborasi dengan Margadiya Musik mengeluarkan single terbaru nya berjudul LEGENDA. 






2. LAGU BARU KAPTEN


Lagu baru KAPTEN di beri judul LEGENDA ini adalah sebuah ekspresi kuat atas lahir nya kembali KAPTEN dari tidur yang sangat panjang. Di kemunculan nya kali ini Kapten sepakat membuat  lagu yang lumayan menggebrak dan tentunya harus beda dari band lain nya atau sedikit melawan arus trend musik Indonesia saat ini dimana lagu dengan irama pelan lebih di sukai. Namun KAPTEN mencoba tampil beda. Lagu ciptaan Pupun KAPTEN ini, di aransemen bersama-sama personel KAPTEN  di studio Escape Bandung, menjadikan sajian musik dan lagu penuh semangat dan enerji yang sangat melimpah. 

Melalui lirik lagu LEGENDA, KAPTEN mencoba bercerita bahwa setiap manusia memiliki pilihan dan jalan hidup,yang berbeda-beda. Lirik Lagu LEGENDA berisikan ajakan untuk bersatu dan menjadi bara api penuh enerji, untuk sukses dan maju bersama, menghadapi semua rintangan hidup yang ada. Bahkan di lagu LEGENDA ini, lirik nya mengajak kita semua untuk tidak terlalu mempedulikan ucapan negatif dan kata-kata yang menghina, pokok nya maju terus jangan mundur. Hingga saat nya nanti KAPTEN berharap akan akan Jadi LEGENDA di hati para penggemar nya. Sekelompok Anak band yang mengejar dan mewujudkan mimpinya, melalui dunia musik, namun terus berjuang demi keyakinan nya dalam berkarya. 


Warna Musik dari lagu LEGENDA ini, mengambil beberapa unsur, walau secara garis besar, jalur Rock menjadi karakter utama. Namun unsur progresif, rock and roll, modern rock, bahkan raprock, menjadi unsur yang di racik dengan apik di lagu LEGENDA ini. 



3. PERSONEL KAPTEN


Gebukan drummer Qiwe Kapten yang kuat dan keras, membuat lagu LEGENDA menjadi lagu yang sangar namun tetap dengan beat yang masih bisa di nikmati oleh siapapun. Pemilihan beat yang tepat, membuât lagu LEGENDA ini, punya dinamik yang sangat baik dari segi musikalitas. Permainan drum Qiwe Kapten yang meledak, di akhiri klimaks dengan solo drum pendek di ending lagu sebagai penutup, sungguh ide yang sangat kreatif.


Cabikan bass Arief Kapten di lagu LEGENDA memang sedikit berbeda, karena menggunakan petikan pick berukuran 2 millimeter, untuk mengejar suara kering, dan lebar. Dengan sedikit pemberian drive pada bass, membuat sound bass yang di hasilkan benar-benar menyatu dengan karakter lagu. Nendang dan pas meladeni permainan sang drummer yang rumit, sekaligus mengimbangi setiap perpindahan chord gitar Pupun yang lincah. Arief Kapten cerdas memilih teknik bermain bass yang sesuai dengan lagu yang ingin di sajikan. Bassis rendah hati ini paham menempatkan permainan dan sound nya sesuai dengen kebutuhan lagu.



Permainan gitar Pupun KAPTEN pada lagu LEGENDA ini juga sedikit berbeda, karena menggunakan gitar Schecter Multiscale 7 senar dengan tremolo fix bridge, tanpa penggunaan handle whammy bar seperti kebiasaan Pupun di lagu-lagu KAPTEN yang lain. Permainan lick yang seimbang, menggunakan teknik picking dan taping, membuat part interlude lagu LEGENDA ini jadi gahar namun tetap bisa di cerna. Dan penggunan Efek pedal whammy di lagu ini, betul-betul membuat permainan Pupun KAPTEN berbeda dan sedikit keluar dari kebiasaan. Simpel namun segar untuk di simak. Dengan sound gitar yang modern, Pupun ingin menunjukan bahwa KAPTEN adalah band dengan karakter rock yang kental.


Sang vokali, Zacky Kapten muncul dengan cara bernyanyi yang super enerjik, parçaya diri dan membuat lagu LEGENDA ini menjadi sangat tajam. Dengan artikulasi yang baik dan cara menyanyi yang meledak-ledak,  Zacky berhasil memompa adrenaline di setiap bagian lirik lagu LEGENDA. Cara Zacky mengawali lagu dengan tertawa, memberi kesan lagu keras ini jadi enteng bagi Zacky, bahkan untuk pertama kali nya ada unsur raprock di bagian vokal Zacky . Membuat lagu baru KAPTEN berjudul LEGENDA ini jadi penuh kajutan baru, namun tetap mewakili KAPTEN. Di pastikan butuh enerji yang sangat besar untuk menyanyikan lagu ini. Tak di ragukan lagi, Zacky Kapten adalah salah satu vokalis terbaik Indonesia, dengan vokal berat dan karakter yang kuat.



4. VIDEO KLIP LAGU LEGENDA


Video Klip lagu LEGENDA milik KAPTEN ini di produksi oleh rumah produksi ternama, yaitu IDEAS CREATIVE BANDUNG. Rumah Produksi yang telah banyak membuat karya berkualitas, salah satu nya video klip band Burgerkill ini, di percaya oleh KAPTEN sebagai eksekutor dari ide-ide gila dalam bentuk visual. Bersama Ideas Creative, KAPTEN mencoba memberikan sedikit gambaran apa yang ingin di sampaikan dalam video klip lagu LEGENDA ini. Secara visual KAPTEN ingin tampil segar, baru dan mampu beradaptasi dengan situasi industri musik sekarang.  Karena lirik lagu LEGENDA berisikan tentang motivasi untuk maju dań sukses bersama, tentunya harus ada unsur-unsur yang mewakili semangat itu. Maka di pilihlah konsep video klip berkonsep pertunjukan yang  dinamis dan spontan, dengan sudut pengambilan gambar ‘orbital’ dan ‘cut to cut’ yang cepat, di tambah permainan lighting yang pas, menunjukan bahwa Kapten adalah band panggung yang penuh semangat, sesuai dengan karakter lagu LEGENDA. Video klip lagu LEGENDA ini, di harapkan mampu membuat KAPTEN benar-benar menjadi band baru, dan siap menjadi idola baru untuk generasi muda yang mungkin belum mengenal KAPTEN dengan baik. 


Untuk para Pasukan Kapten, tentunya ini akan jadi hadiah dan kejutan terbaik setelah 16 tahun penantian, dimana akhirnya KAPTEN masih dan mampu untuk berkarya lagi, meramaikan industri musik Indonesia. Tidak mudah bagi Kapten untuk beradaptasi dengan situasi industri musik Indonesia dan global saat ini. Yang sudah serba digital dengan pergerakan informasi yang cepat. Memaksa Kapten untuk bergerak lebih kreatif, cepat, dan membuka diri pada hal-hal baru. Membuang ego dan rendah hati melupakan kejayaan di masa Lulu. Dengan harapan pasar dan penikmat musik Indonesia bisa menerima kembali KAPTEN sebagai salah satu band kesayangan di Indonesia. 


5. PENDAPAT PERSONEL KAPTEN TENTANG LAGU LEGENDA


QIWE - DRUMER KAPTEN

“Di single kapten terbaru ini ( Legenda ) dilagu ini utk tracking drum mencoba nyelipin sedikit sentuhan efek second snare drum biar rada2 gimana gitu…utk pemanis aja..biar lagunya gak terlalu galak teuing..hehee😂😂😂Biar berbeda aja dari lagu2 sebelumnya..

Secera keseluruhsn ini lagu oke banget…. Apalagi kalau dibawain live dgn sound yg puluhan ribu watt 🤟😎…

Doain semoga Single  “Legenda “ yang energik, full power….bisa lebih fresh secara musikalitas dan bisa mewakili pendengar jg penikmat musik Rock di Tanah air bahkan dunia…Aamiin🙏🏼🙏🏼”



ARIEF - BASSIS KAPTEN

“Secara teknis dilagu ini saya mencoba explore permainan bass yg belum pernah saya lakukan sebelumnya, termasuk sound dan jenis bass juga cara bermain yg berbeda, karena menurut saya lagu ini harus ada sentuhan 'berbeda' dari lagu-lagu kapten yang terlahir sebelumnya..semoga Lagu Legenda yang energik, jantan dan tegas ini bisa lebih fresh secara musikalitas dan bisa menjangkau pendengar gen Z saat ini dengan adanya sentuhan unsur2 baru tadi”.



ZACKY - VOKALIS KAPTEN

“Lagu ini saya bisa bilang sangat mewakili suasana yang ada di KAPTEN saat ini yang penuh energi membara untuk bisa mewarnai lagi industri Musik tanah air khususnya Rock yang udah langka di era saat ini.. 

klo secara tekhnis ga ada yg jadi hambatan untuk pengerjaan lagu buat kita, justru inilah momentum pembuktian di usia kita saat ini masih bisa konsisten dengan musik kapten yang power full energi mepesat tanpa batas..

Harapan saya lagu ini bisa mewakili ekspresi temen2 band yang akan membawakan lagu ini ke festival dan panggung musik di tanah air..

Semoga karya kita  terus bisa mewarnai belantika musik Indonesia 💪”






PUPUN - GITARIS KAPTEN

“Di lagu ini saya merasa tertantang, karena Kapten sepakat untuk membuat lagu yang sedikit berani dan tajam. Di tengah gempuran lagu lagu melow saat ini. Dari segi permainan gitar, saya lebih memgandalkan permainan yang ‘danceable’. Terasa beda pas di part raprock nya, terasa hepi dan penuh emosi. 

Part interlude nya saya buat simpel, penggunaan ‘whammy’ pedal pun jadi pilihan supaya variatif tapi tetep simpel. Secara keseluruhan, saya suka dengan lagu ini, lumayan mewakili salah satu karakter Kapten.

Terimakasih, semoga bisa di terima oleh para penggemar musik Indonesia, amiiinn

Salam Musik!”



6. MEDIA SOSIAL


Instagram : @official_kaptenband

Facebook : @official.kaptenband

Tiktok : @official_kaptenband

Youtube : @kapten_band


Salam Musik Indonesia! {Wulandari}

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close