Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Lengkob Cijolang, Gelar Gebyar Muharram 1445 H

For mania mega:


 

CIAMIS – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Wakil Gubernur Jawa Barat Uu H. Ruzhanul Ulum. SE, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH beserta Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya,MM menghadiri Puncak Acara Peringatan Tahun Baru Islam yang bertemakan “Gebyar Muharram” Se-Lengkob Cijolang 1445 H, yang bertempat di Desa Dadiharja Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Minggu (23/7/2023).

Hadir juga pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Ciamis, Camat Rancah, Camat Subang Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan yang juga Pituin Rancah Hj. Ika Siti Rahmatika, serta Kepala Desa Se-Lengkob Cijolang.

Dalam laporannya ketua panitia Gebyar Muharram 1445 H, bahwa puncak Tahun Baru Islam ini dihadiri kurang lebih 5.000 masyarakat dari 7 desa Se-Lengkob Cijolang, yang terdiri dari desa perbatasan antara Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Ciamis, diantaranya yaitu Desa Tangkolo, Desa Pamulihan, Desa Bangunjaya, Desa Dadiharja, Desa Patakaharja, Desa Giriharja, dan Desa Jangalaharja. Istilah “Lengkob Cijolang” sendiri didasarkan pada wilayah perbatasan yang jaraknya berdekatan dan letak geografisnya juga berdekatan dengan Sungai Cijolang.

Sementara itu Bupati Acep mengapresiasi atas terselenggaranya Gebyar Muharram 1445 H yang diselenggarakan oleh desa-desa yang berbatasan di Kecamatan Rancah Ciamis dan Kecamatan Subang Kuningan, hal ini membuktikan adanya bentuk kerjasama yang baik di berbagai bidang diantaranya pembangunan, sosial dan keagamaan.

“Oleh karena itu terkait Gebyar Muharram ini, saya merasa bersyukur dan berbangga hati, bahwa denyut Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam  1445  Hijriyah selalu diisi dengan kegiatan positif dan bersifat Islami seperti tabligh akbar, renungan, dzikir, do’a bersama dan kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini merupakan implementasi dan perwujudan dari kita semua yang menginginkan Jawa Barat Yang Baldatun Toyibatun Warrobun Goffur, terlebih peringatan Tahun Baru Islam ini mudah-mudahan dapat membawa keberkahan dan kemajuan bagi bangsa Indonesia umumnya dan bagi Jawa Barat pada khususnya”, ungkapnya.

Bupati Ciamis selaku tuan rumah berharap momen Gebyar Muharram ini harus tetap berlanjut dan juga semakin ditingkatkan dan dipelihara setiap tahunnya sebagai ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan terutama antar masyarakat yang berada di daerah perbatasan.

Pada saat yang sama Wagub Uu juga mengajak pada seluruh masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam membangun daerah masing-masing dalam rangka membangun kekuatan serta kebersamaan dalam membangun desa.

“Sebagai contoh pada saat ini 2 kecamatan di 2 kabupaten saling bekerjasama tanpa mengenal adanya batasan dalam membangun daerahnya guna mewujudkan desa-desa yang maju dan juga desa juara”, terang Uu.

Lebih lanjut ia juga menerangkan bahwa bulan Muharram ini merupakan bulan kemenangan bagi umat Islam dan juga kejayaan umat Islam, dimana bulan Muharram ini meruapakan momentum kita semua sebagai umat Muslim untuk bangkit, karena ciri kebangkitan umat Islam itu bagaimana kita sebagai umat Muslim dapat memahami tentang Islam itu sendiri”, ujarnya. (BagProkompim/SetdaKuningan)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close