Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Sepuluh Desa di Kecamatan Cimahi Deklarasikan Open Defection Free (ODF)

For mania mega:

Sebanyak sepuluh desa di Kecamatan Cimahi  mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari perilaku buang air besar di sembarang tempat. Deklarasi itu akan membiasakan masyarakat agar terbiasa dalam menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bertempat di Balai Desa Cikeusal Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan.Selasa (8/11/2022),

Adapun Sepuluh Desa itu yakni Desa Cileuya, Desa Margamukti, Desa Cimahi, Desa Cimulya, Desa Gunungsari, Desa Kananga, Desa Cikeusal, Desa Mulyajaya, Desa Sukajaya, Desa Mekarjaya Kecamatan Cimahi.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH menyampaikan, ODF atau stop buang air besar sembarangan sejalan dengan visi sanitasi Kabupaten Kuningan. Yakni, terwujudnya kondisi sanitasi dasar yang aman dan layak serta berkelanjutan bagi seluruh warga. Hal itu untuk mendukung kabupaten Kuningan Konservasi dan Wisata termaju di wilayah Jawa Barat.

‘’Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkunga dan perilaku, sehingga jika lingkungan dan perilaku masyarakat baik maka derajat kesehatan masyarakat pun akan meningkat,’’ ujar Acep.

Acep mengungkapkan, perubahan perilaku sehat akan sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan itu harus dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa dan menjadi pola hidup sehat.

“Perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila kita tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan perilaku ini harus dimulai dari hal-hal yang kecil, dimulai dari diri sendiri, dan dimulai dari sekarang juga. Sehingga nantinya menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ungkapnya.

Bupati  Acep mengatakan, , kegiatan tersebut dapat dijadikan momentum awal dalam penerapan sanitasi total berbasis masyarakat. Bahkan, menjadi contoh bagi desa lainnya agar semua desa bisa bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

“Melalui kegiatan Deklarasi Desa dan Kecamatan Desa / Kecamatan Open Defecation Free (ODF), semoga  memberi semangat kepada semua pihak khususnya di Kabupaten Kuningan. Sehingga desa/kelurahan dan kecamatan yang lain dapat menyelenggarakan kebutuhan sanitasinya secara mandiri dan berperilaku stop buang air besar sembarangan,” harap Bupati Acep.

(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close