Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Proses Pembelajaran, Guru Dituntut Memahami Transformasi Digital

For mania mega:

KUNINGAN- Perkembangan transformasi digital berpengaruh juga pada tatanan  proses pembelajaran pendidikan, disinilah peranan guru/dosen untuk tetap menanamkan  pendidikan budi pekerti dan nilai-nilai kehidupan kepada anak-anak kita, sehingga mereka menjadi manusia yang bijak dalam menggunakan teknologi.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.Si pada acara Seminar Hari Guru Nasional dan Penutupan Program Piloting Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan. Kegiatan ini kerjasama  Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan dengan Kemenkominfo RI, bertempat di Grand Cordela, Rabu (16/11/2022).

Sekda Dian menitipkan,  kepada para guru, Pandemi Covid-19 telah memberikan gambaran atas kelangsungan dunia pendidikan di masa depan melalui  bantuan teknologi. Namun, teknologi tetap tidak dapat menggantikan peran guru dan  dosen dalam  interaksi belajar antara pelajar dan pengajar,  sebab edukasi bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan tetapi juga tentang nilai, kerja sama, serta kompetensi.

Adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menurut Sekda Dian,  mau tidak mau mengubah pola pembelajarannya yang  semula konvensional menjadi serba digital.  Transformasi Digital yang dialami menjadi akselerator dalam proses perubahan pola belajar tersebut. Hal ini harus diimbangi juga para guru untuk memahami dan memanfaatkan transformasi Digital.

Untuk mendukung Transformasi Digital di sektor pendidikan   Pemerintah sebagaimana yang dilakukan Kemenkominfo RI bekerjasama dengan Dinas Pendidikan  saat ini gencar menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi para guru baik secara daring maupun tatap muka.

“Tujuannya kegiatan ini, untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam  mengadaptasi teknologi,  menghasilkan SDM  pendidikan yang tangguh dan up to date dengan teknologi informasi yang kekinian, kemudian dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas,” terangnya.

Dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si, melalui kegiatan ini, hasil  testimoni dari salah satu guru di kuningan,  sangat antusias saat dilatih menggunakan teknologi VR (Virtual Reality) untuk pembelajaran. Pada saat pelatihan para guru dibimbing untuk membuat konten VR, mengumpulkan tugas serta membuat dokumentasi pembelajaran VR di kelas.

Turut hadir Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI, Direktur Direktorat Ekonomi Digital Kemenkominfo RI,  Perwakilan Kepala Diskominfo Kabupaten. Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan,  para guru peserta Seminar Hari Guru Nasional dan undangan lainnya.

(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close