Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Deklarasi ODF Desa Padarek, Bupati Acep: “ODF Merupakan Wujud Pemberdayaan Masyarakat Desa”

For mania mega:

KUNINGAN,- Bupati Kuningan, Acep Purnama menghadiri deklarasi ODF (Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan) Desa Padarek, Kecamatan Kramatmulya, Selasa (29/11/2022). Deklarasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Padarek yang diikuti dengan 

Dalam sambutannya, Bupati Kuningan menyampaikan, derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh 4 (Empat) faktor, yaitu perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan faktor Keturunan.

“Namun Faktor Lingkungan dan perilakulah yang mempunyai pengaruh atau peranan lebih dari 75 persen terhadap Derajat Kesehatan Masyarakat,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, Deklarasi Stop Buang Air Besar di sembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa, yang dengan kemandiriannya mampu merubah perilaku masyarakat menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Yang pada awalnya masyarakat  buang air besar di sembarang tempat, menjadi buang air besar di jamban yang sehat. Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan, sehingga acara ini dapat menjadi role model untuk desa dan kecamatan lain di wilayah Kabupaten Kuningan,” tutur Bupati.

Atas komitmen desa dalam mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui deklarasi ODF, Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya, karena menurutnya, aspek kesehatan merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk desa-desa yang telah berkomitmen dengan mendeklarasikan sebagai desa ODF. Untuk itu saya berharap, momentum ini, sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan Penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), untuk menjadi contoh bagi desa lain untuk ikut berkomitmen stop buang air besar sembarangan,” ujar Bupati.

Sebagai informasi, sampai dengan akhir bulan november 2022 , desa yang sudah STOP BABS atau Desa ODF di Kabupaten Kuningan, mencapai 215 desa dari 376 desa/kelurahan, atau sekitar 57,18 persen.

Hadir pada acara deklarasi tersebut, Camat beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Hj Susi Lusiyanti MM, Kabid Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kab.Kuningan beserta jajaran, Para Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Kramatmulya, Lembaga Desa, PKK, serta sejumlah masyarakat setempat.

(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close