Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Bersama Sekda, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan 253 Juta Untuk Ahli Waris

For mania mega:

KUNINGAN- Ahli Waris peserta Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan menerima santunan kematian dan beasiswa anak yang diserahkan  oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cirebon  Sudarwoto  didampingi Sekda Kabupaten Kuningan Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.SI. di kediamannya,  Desa Cikaso,  Kamis (17/11/2022)

Kepala BPJS Cirebon Sudarwoto  mengatakan, santunan tersebut diberikan kepada tenaga kerja Almarhum Muhammad  Syafiq Taufiqqurrahim (24),  Warga Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya yang meninggal dunia pada tanggal 3 November 2022 karena  kecelakaan kerja di Jalan Lingkar Timur Kuningan,  ketika pulang dari Kantor BPS Kuningan setelah melakukan tugas sebagai petugas Regsosek tahun 2022.

“Almarhum meninggalkan seorang istri dan seorang anak laki laki berusia 4 bulan. Ahli waris menerima santunan jaminan kecelakaan kerja meninggal dunia sebesar 166 juta dengan beasiswa anak almarhum maksimal 87 juta. Sehubungan anak masih kecil, beasiswa akan diserahkan saat masuk sekolah,” ungkapnya.

Ia menerangkan untuk  para peserta BPJS Ketenagakerjaan setiap bulannya diwajibkan membayar iuran sebesar Rp16.800,  dimana iuran itu digunakan untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Jaminan diberikan ketika peserta  mengalami kecelakaan, ketika bekerja maupun yang akan berangkat kerja sampai kembali akan mendapatkan kompensasi dari BPJS. Jika peserta mengalami kematian ahli warisnya juga akan mendapatkan jaminan kematian dari keikutsertaannya. Penyerahan santunan seperti ini  diberikan juga kepada Ahli waris a.n Solihin  warga Desa Bantarpanjng, Kec. Cibingbin,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sekda Dian  menyampaikan hal yang sama dari Kantor BPJS  turut bela sungkawa. Ia berdoa semoga Almarhum diberikan kemuliaan  di sisi Allah,  bagi keluarga  diberikan ketabahan dan kelak anaknya menjadi anak yang sholeh.

Untuk  BPJS Ketenagakerjaan, Sekda Dian berharap,  di Kabupaten Kuningan dapat diikuti oleh tenaga kerja disektor  perdagangan, pertanian, pedagang pasar, pedagang keliling, pekerja di perusahaan dan  mencakup semuanya. Termasuk THL yang ada di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar pimpinannya untuk mendorongnya, begitu juga dukungan dari perusahaan.

Menurutnya, Iuran tidak seberapa tapi manfaatnya luar biasa sangat diperlukan bagi keluarga yang terkena musibah. Karena kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi kedepannya. Kerjasama  yang baik antara pemerintahan daerah dengan BPJS Ketenagakerjaan akan kita tingkatkan, karena hal ini bagian dari  mengurangi tingkat kemiskinan.

Pemberian santunan didampingi juga Kepala Desa Cikaso, Kepala BPS Kuningan, sementara orang tua yang mendampingi  Ahli Waris  menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sangat dirasakan manfaatnya. Program ini sangat membantu buat siapapun, untuk itu bagi  yang berkenan agar bisa ikut.  Kepada pimpinan perusahaan dan lembaga perkantoran  untuk lebih intens lagi memberikan dukungannya. Semoga program ini menjadi amal baik untuk  kedepannya.

(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close