Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Wabup Ridho Sebut Pencak Silat Sebagai Jati Diri Bangsa

For mania mega:


 CIGUGUR- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si menyebut, Pencak Silat merupakan jati diri bangsa. Untuk itu ia menegaskan, pentingnya melestarikan pencak silat yang merupakan seni bela diri asli Indonesia.

“Sebagai bangsa yang kaya akan budaya, kita harus terus melestarikan bela diri ini, karena di dalamnya memuat jati diri bangsa,” ucap Wabup, saat membuka kegiatan Pelantikan Dasar Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah Pimpinan Daerah 143 Kuningan, Minggu (2/10/2022), di Aula Lantai 3 Kampus STKIP Muhammadiyah, Cigugur-Kuningan.

Wabup juga mengatakan, pencak silat merupakan bela diri warisan para kyai dan ulama dahulu ketika melawan penjajah. “Dahulu penjajah dilawan dengan bela diri pencak silat yang diajarkan para kyai kepada santrinya,” ujarnya.

Menurut Wabup, ada 3 unsur pokok dari pencak silat yang merupakan satu kesatuan penting. Pertama, budaya Indonesia sebagai asal dan coraknya. Kedua, falsafah budi pekerti luhur sebagai jiwa dan sumber motivasi bagi yang mempelajarinya, dan yang ketiga, pembinaan mental spiritual dan karakter, serta bela diri, seni dan olahraga sebagai aspek integral dari substansinya.

“Tiga hal luar biasa dari olah rasa dan olahraga pencak silat, akan melatih mulai dari olah tubuh yang menyehatkan badan, olah pikir yang mencerdaskan otak, olah nafas yang mengendalikan nafsu, dan olah rasa yang menyeimbangkan jiwa dan raga, serta olah jiwa yang mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,” tutur Wabup.

Selain itu, dikemukakan Wabup, pencak silat juga sangat erat dengan nilai nilai kebangsaan terutama PancasilaPencak silat, jelasnya, tidak hanya mengajarkan fisik tetapi juga ruhani, hati, rasa, akal, dan fisik.

“Untuk itu saya mengapresiasi kepada para guru dan pengurus Perguruan Tapak Suci Pimda 143 Kuningan, yang terus melakukan kaderisasi pendekar-pendekar silat muda. Semoga melalui kaderisasi, dapat melahirkan pesilat-pesilat yang akan menorehkan prestasi di level yang tinggi,” pungkasnya.

Hadir pada pelantikan tersebut, Ketua Pimda Muhammadiyah Empi Adapi, M.Si, Ketua Pimda 143 Kuningan Hermawan, M.Si, para kepala sekolah cabang Tapak Suci, serta 350 peserta yang akan dilantik dari 30 cabang Tapak Suci se-Kabupaten Kuningan.


(www.kuningankab.go.id)


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close