Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Wabup Ridho : Kemah Kebangsaan Sarana Mempererat Tali Silaturahmi Antar Komponen Anak Bangsa

For mania mega:

KUNINGAN- Kemah Kebangsaan merupakan salah satu sarana atau wadah untuk memupuk dan mempererat tali silaturahmi antar komponen anak bangsa, yang terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda, baik suku, agama, ras/etnis, dan antar golongan.

“Melalui kegiatan Kemah Kebangsaan ini, seluruh komponen anak bangsa dari berbagai latar belakang yang berbeda, akan saling memahami satu dengan yang lainnya ketika hidup bersama, sehingga sekat-sekat yang sebelumnya ada, akan terurai. Sehingga hidup rukun dan harmoni dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara akan tercipta,” ujar Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat membuka kegiatan Kemah Kebangsaan, di Aula Bappeda Kab. Kuningan, Kamis (27/10/2022).

Dikatakan Wabup, persatuan dan kesatuan memiliki fungsi yang sangat penting dalam memelihara keamanan dan kedamaian. Untuk itu, dibutuhkan peran tokoh dari semua suku serta pemuka dari semua agama untuk menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

“Kita semua menyadari, bahwa aman dan damai bukan sekedar kata indah, akan tetapi merupakan kebutuhan kita semua. Mustahil kita dapat menjalankan dan melanjutkan pembangunan untuk menuju masyarakat sejahtera yang kita cita-citakan bersama tanpa adanya keamanan dan kedamaian,” ucap Wabup.

Wabup meminta, seluruh komponen anak bangsa dari latar belakang yang berbeda, untuk terus menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, agar stabilitas keamanan serta kondusifitas wilayah dapat terjaga.

“Oleh sebab itu, pemeliharaan atau penjagaan terhadap kerukunan dan harmonisasi antar komponen anak bangsa, antar masyarakat yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan golongan, mutlak menjadi tanggung jawab kita bersama, pemerintah dan masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut Wabup Ridho mengemukakan, Kemah Kebangsaan yang bertujuan  untuk menggugah dan membangun rasa kebangsaan serta nasionalisme, diharapkan menjadi perekat dan pemersatu bangsa dalam merawat kebhinekaan, meningkatkan semangat saling menghormati dan memupuk sikap toleransi serta sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberagaman yang menjadi kekayaan bangsa.

“Mari kita berkolaborasi saling bergandengan tangan untuk Bersama Menjaga Bangsa, Sinergi Membangu Negeri dan kita jalani Harmoni Dalam Keberagaman, Bersatu Untuk Kuningan MAJU, Jabar Juara, dan Indonesia Hebat,” pungkas Wabup.

Kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kuningan ini, dihadiri Sekretaris Daerah Kab. Kuningan Dr. H. Dian Racmat Yanuar, M.Si yang bertindak sebagai Pemateri, Kepala Kesabangpol Kab. Kuningan Dr. H. M Budi Alimudin, M.Si, dan para pejabat dilingkungan Badan Kesbangpol Kab. Kuningan

Adapun peserta sebanyak 90 orang, terdiri dari Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) ,Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Jaga Pelita, Duta Bela Negara, serta para pegawai Badan Kesbangpol Kab. Kuningan.

(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close