Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan Diresmikan KemenPAN-RB

For mania mega:


 KOTA TASIKMALAYA,- Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mewakili Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan,Rabu (12/10/2022) Berpusat di Gedung Mal Pelayanan Publik Kota Tasikmalaya, Jl. Letnan Harun No.1, Sukamulya, Kecamatan. Bungursari, Kota Tasikmalaya. MPP yang diresmikan adalah MPP Kabupaten Kuningan dan Kota Tasikmalaya. MPP Kota Tasikmalaya merupakan MPP ke-72 di Indonesia dan MPP ke-9 di Provinsi Jawa Barat. Sementara MPP Kabupaten Kuningan merupakan MPP ke-73 di Indonesia dan MPP ke-10 di Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya secara virtual, Menteri Azwar Anas menekankan arahan Presiden Joko Widodo bahwa reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas. Reformasi harus berdampak dan lincah. Kehadiran MPP merupakan bentuk dari reformasi birokrasi di bidang pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemkot Tasikmalaya dan Pemkab Kuningan. Tidak hanya tempat terintegrasinya berbagai layanan, MPP juga terus dikembangkan agar bisa beradaptasi dengan iklim digital.

Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) diharapkan menjadi salah satu pendorong tumbuhnya investasi di daerah. Terintegrasinya berbagai jenis layanan perizinan dan non perizinan didalam satu gedung memberi kemudahan dalam sektor investasi.

“Kiranya kehadiran MPP di Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan yang memberikan kemudahan berusaha menjadi pintu utama dalam mendorong pertumbuhan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian daerah serta mendukung optimalisasi berbagai potensi daerah,” jelas Menteri Anas.

Sudah menjadi tugas pemerintah untuk mendorong kemajuan berbagai potensi daerahnya. Diperlukan kerja sama dan dukungan nyata dari Pemerintah, swasta dan perbankan sehingga produk dalam negeri atau UMKM, potensi wisata, serta berbagai potensi lainnya bisa tetap eksis dan mampu berdaya saing tinggi demi pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Menteri Anas berpesan kepada Wali Kota Tasikmalaya dan Bupati Kuningan beserta jajaran untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Berbagai jenis pelayanan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan BUMN/D bahkan swasta dapat dilakukan dalam satu tempat dalam rangka pelayanan yang terintegrasi sehingga memberikan kemudahan dan kecepatan akses pelayanan oleh masyarakat.

Kedepan diharapkan agar MPP Kota Tasikmalaya dan MPP Kabupaten Kuningan dapat memberikan pelayanan secara konsisten dan berkelanjutan, memelihara dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang sudah tersedia, serta meningkatkan koordinasi dengan instansi lain sehingga semakin banyak jenis layanan yang diberikan sesuai kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mewakili Menteri PANRB Azwar Anas melakukan pemukulan gong tanda diresmikannya MPP Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Kuningan. Acara dilanjutkan dengan peninjauan gerai pelayanan di MPP Kota Tasikmalaya oleh Deputi Diah Natalisa bersama Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf dan Bupati Kuningan Acep Purnama.

“ Pertama -tama saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atas undangan Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan dengan Kota Tasikmalaya. Peresmian  ini menjadi tanda terwujudnya komitmen  serta keseriusan Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui penyelenggaraan mal pelayanan publik yang kami beri nama GRHA LINGGARJATI” ucap Bupati mengawali sambutannya.

Lanjut, Acep Purnama, terima kasih kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya yang telah bersedia menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan peresmian bersama ini serta telah menerima kedatangan kami dengan sangat baik. disamping itu saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan memohon maaf apabila dalam peresmian bersama ini kami tidak bisa terlibat secara langsung membantu persiapan peresmian sebagaimana mestinya.

Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dan semua pihak yang telah terlibat dan mendukung penyelenggaraan MPP di Kabupaten Kuningan sehingga pada hari ini tanggal 12 oktober 2022 Grha Linggarjati Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan bisa diresmikan.

Ada pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. untuk itu kami ingin menyampaikan beberapa hal atau fakta terkait mpp kabupaten kuningan agar dapat dikenal oleh masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan:

Diterangkan Acep, MPP Kabupaten Kuningan diberi nama “GRHA LINGGARJATI”. GRHA diambil dari bahasa kawi yang artinya rumah atau tempat, sedangkan  linggarjati sendiri diambil dari peristiwa bersejarah dalam rangka mempertahankan kemerdekaan yaitu perundingan linggarjati  yang diselenggarakan di Desa Linggarjati Kabupaten Kuningan pada tanggal 13 november 1946. sampai saat ini museum bersejarah gedung perundingan linggarjati menjadi ikon bagi kabupaten kuningan.

Selanjutnya masih dikatakan Acep, ada 16 instansi baik vertikal maupun lokal yang bergabung dalam Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan yaitu Bapenda, Disdukcapil, Disnakertrans, Dpmptsp, Putr, Dikopdagperin, Dishub, Atr/Bpn, KP3D (Samsat), Bpjs Kesehatan, Bpjs Ketenagakerjaan, Kpp Pratama, Kantor Imigrasi Kelas I Cirebon, Pt. Taspen Dan Bank Bjb Kab. Kuningan dengan total jenis layanan berjumlah sebanyak 95 jenis layanan.

“ Lokasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan menyatu dengan Kantor DPMPTSP Kabupaten Kuningan yang terletak di Jalan Muhammad Yamin Nomor 14 Kuningan dengan jam layanan senin s.d jumat mulai pukul 8.00 s.d. 15.00 wib.” terang Bupati Acep.

Itulah sekilas gambaran mal pelayanan publik kabupaten kuningan sebagai awal perkenalan. kami berharap dan  tetap berusaha agar kedepannya akan lebih banyak lagi instansi yang bergabung, sambung Acep.

Sementara itu jelas Acep, Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan dibangun atas dasar kemauan dan keseriusan yang tinggi untuk mewujudkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten kuningan akan adanya pelayanan satu atap berbasis teknologi informasi. yang dapat meningkatkan kecepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. dengan hadirnya mpp di kabupaten kuningan diharapkan selain dapat mempercepat pelayanan kepada masyarakat juga diharapkan dapat mengubah pola pikir ego perangkat daerah menjadi kerja bersama karena hal ini berpengaruh besar terutama dalam hal mensinergikan program pemerintah khususnya di Kabupaten Kuningan. 

“ Kami berharap KEMENTERIAN PAN RB akan terus melakukan evaluasi dan membimbing kami dalam penyelenggaraan mal pelayanan publik ini mengingat masih banyak hal yang perlu kami benahi untuk mewujudkan pelayanan berkualitas kepada masyarakat” Harap Bupati Acep.

Di Kesempatan yang sama Kepala DPMPTSP Agus Sadeli menambahkan, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) saat ini sudah mempersiapkan penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) dengan nama GRHA LINGGARJATI yang diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia secara bersamaan dengan peresmian MPP Kota Tasikmalaya pada tanggal 12 Oktober 2022 bertempat di Kota Tasikmalaya yang ditunjuk sebagai tuan rumah. Adapun peresmian intern di Kabupaten Kuningan akan dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2022. 

MPP itu sendiri merupakan Pengintegrasian Pelayanan Publik yang diberikan oleh kementerian, Lembaga, pemerintah daerah provinsi, dan kabupaten/kota, badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, serta swasta secara terpadu 1 (satu) tempat sebagai upaya meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan dan keamanan layanan (Perpres Nomor 89 Tahun 2021

Sebelum pelaksanaan peresmian, MPP Kabupaten Kuningan sudah melakukan uji coba dimana 11 instansi dari 16 instansi yang bergabung sudah mulai memberikan pelayanan di MPP sejak akhir Juli 2022 dengan waktu layanan setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 8.00 WIB s.d. pukul 12.00 WIB. Kesebelas instansi yang sudah memberikan layanan tersebut adalah Bappenda, DPMPTSP, Disdukcapil, Disnakertrans, Bank BJB, ATR/BPN, BPJS Ketenagakerjaan, KPP Pratama, Kantor Imigrasi, PT. Taspen, dan BPJS Kesehatan. Lima instansi lainnya yaitu KP3D (Samsat), Dinas PUTR, Diskopdagperin, Kementerian Koperasi & UKM serta DPMPTSP Provinsi Jawa Barat akan segera menyusul setelah peresmian.  

Ada total 95 jenis layanan yang hadir di MPP yang berlokasi di Jalan Raya Muhammad Yamin Nomor 14 – Kuningan ini. Dengan hadirnya MPP di Kabupaten Kuningan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kuningan akan adanya pelayanan satu atap berbasis teknologi informasi yang cepat, aman, nyaman dan terjangkau. Ayo masyarakat Kuningan manfaatkan kemudahan yang telah disediakan pemerintah di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kuningan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Banjar Nana Suryana, Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Barat Noneng Komara Nengsih, Kepala DPMPTSP Kota Tasikmalaya Hanafi,  Kepala DPMPTSP Kabupaten Kuningan Agus Sadeli, Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina, pimpinan dan anggota DPRD Kota Tasikmalaya, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tasikmalaya, serta segenap jajaran di lingkup Pemkot Tasikmalaya dan Pemkab Kuningan.


(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close