Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan : Posyandu itu multifungsi untuk kesejahteraan masyarkat

For mania mega:

Posyandu sebagai program yang konsisten mendorong peningkatan kualitas gizi, kesehatan, kecerdasan dan tumbuh kembang yang optimal untuk ibu dan anak selama kehamilan, kelahiran dan pertumbuhannya.

Hal itu disampaikan, Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan pada saat membuka acara peningkatan kapasitas Kader Posyandu Tahun 2022 di salah satu Hotel Kuningan, Kamis (27/10/2022).

Lebih lanjut Ika menjelaskan, Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/ pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan.

“Posyandu merupakan wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten dengan bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, pendidikan, dan ekonomi yang mandiri,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan fungsi kinerja Posyandu maka diperlukan komitmen, kesamaan pahaman, dan kerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi dan kerjasama serta dukungan dalam keberhasilannya.

“Semoga pengelolaan dan pembinaan terhadap Posyandu dapat berlangsung optimal, sehingga upaya peningkatan kesehatan ibu, bayi, balita dapat diwujudkan bersama, dan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian, Ika juga mengampaikan, posyandu merupakan upaya meningkatkan strata posyandu secara bertahap menuju posyandu keluarga, pusat pelayanan yang terintegrasi, penanganan stunting serta mendeteksi berbagai permasalahan lainnya, dan konsultasi mendapatkan edukasi tentang semua hal di masyarakat salah satunya yaitu sebagai perlindungan ibu dan anak, dengan konseling, sehingga akan mengurangi resiko kebesaran dalam rumah tangga, terutama kepada ibu dan anak.

“Kepada para Kadek Posyandu jadikan pelatihan ini sebagai pendorong semangat untuk menerapkan inovasi, kreasi di lingkungannya demi kemajuan masyarkat, khususnya untuk mencetak generasi Kuningan yang unggul, karena generasi yang unggul bermula dari menginisiasi posyandu ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Sektetaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. dalam pemaparannya menyampaikan, peran posyandu sangat penting karena sebagai garda terdepan penjaga kesehatan masyarakat tidak akan berjalan tanpa kader yang tangguh, yakni kader posyandu.

“Posyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi,” ungkapnya.

(www.kuningankab.go.id)



 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close