Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Buka Pelatihan GTA, Kominfo Siapkan ASN Kuningan Cakap Digital

For mania mega:

KUNINGAN,- Sebanyak 151 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan mengikuti pelatihan melalui Program Government Transformation Academy (GTA) dengan melaksanakan Pelatihan Junior Graphic Designer dan Pelatihan Digital Public Relation, hari ini sampai lima hari kedepan,  bertempat di Aula Graha Sajati BKPSDM Kuningan, Senin (17/10/2022). Dengan mengusung dua tema pelatihan, yaitu pelatihan Junior Graphic Designer dan pelatihan Digital Public Relation, kegiatan ini dibagi kedalam empat kelas.

Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama antara  Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan, dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM), Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) serta Kementerian Kominfo (Menkominfo). 

Bupati Acep Purnama yang juga sebagai Tokoh Literasi Digital  menyampaikan harapannya, bahwa para ASN yang mengikuti kelas program GTA, dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kuningan. Menurutnya, kegiatan ini adalah kesempatan bagi 151 ASN Kabupaten Kuningan yang terlibat, lantaran program dari Kementerian Kominfo ini sangat terbatas.

Acep menuturkan, peningkatan pelayanan publik suka tidak suka, mau tidak mau harus berbasis digital. Untuk itu harus mampu mengetahui, menguasai, dan memanfaatkan atau berdampingan dengan digital.

“Jadi ini harus kita terima sebagai suatu peluang dan kesempatan yang langka, karena tidak semuanya mendapatkan kesempatan ini,” jelas Bupati Acep.

Acara Pelatihan GTA ini dibuka langsung oleh Bupati Acep Purnama di Aula Graha Sajati BKPSDM Kuningan. Pembukaan ini ditandai dengan penyerahan cinderamata oleh Balitbang SDM kepada Bupati Kuningan. Ia meminta, kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat melibatkan dirinya secara holistik seratus persen selama lima hari kedepan.

“Saya yakin pelatihan ini sudah dikoordinasikan dengan perangkat daerah masing-masing, supaya semua peserta kegiatan pada hari ini sampai lima hari kedepan betul-betul difokuskan, tidak dibebani dengan tugas-tugas rutin, sehingga peserta bisa mengikuti pelatihan ini dengan serius,” harap nya.

Bupati Acep Purnama juga meminta kepada penanggung jawab Pelatihan GTA, yaitu Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan untuk memonitor secara rinci terkait keberlangsungan pelatihan GTA ini.

“Saya minta berada ditempat dan juga terlibat secara aktif, agar para peserta ini bisa fokus meningkatkan SDM dan kedepan bisa menjalankan tugasnya masing-masing di era digitalisasi ini,” tegasnya.

Selanjutnya Khairun Nisa selaku Kelompok Kerja Pusdiklat Badan Penelitian dan Pengembangan SDM KOMINFO RI mengatakan, pelatihan Program GTA ini sebagai upaya mendorong percepatan transformasi digital untuk  bisnis, masyarakat dan pemerintahan yang diikuti ASN, begitu juga untuk Kabupaten Kuningan.  Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) bertujuan meningkatkan kompetensi ASN dalam mendukung akselerasi transformasi digital di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D).

Tema pelatihan pada program GTA dirancang mulai dari tingkat basic skill yang berkaitan dengan literasi digital, intermediate skill yang menekankan peningkatan kompetensi teknis, hingga advance skill yang menyasar ke para pengambil keputusan.

“Pelatihan ini ditujukan agar ASN meningkatkan kompetensi dalam mendukung akselerasi transformasi digital di instansi pemerintahan atau di unit kerja mereka masing-masing’ jelasnya. 

Saat dikonfirmasi terkait pelatihan tersebut Khoirun Nisa menjelaskan, pelatihan GTA  kepada 151 ASN Kabupaten Kuningan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepakatan Sinergi antara Kemkominfo RI  melalui Pusdiklat Balitbang Kemkominfo RI dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan tentang Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika, jelasnya.

“Pelatihan program GTA ini dilaksanakan secara offline selama lima hari dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, dari mulai tanggal 17 Oktober s.d 21 Oktober” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut Plh. Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kuningan BKPSDM Kuningan Ucu Suraya menambahkan kegiatan ini diikuti sebanyak 151 peserta, terdiri dari 80 Peserta Digital Public Relation dan 71 Junior Graphic Designer.

 (www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close