Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Wakil Bupati Kuningan Hadiri Milangkala Ke-42 Desa Cisantana

For mania mega:

CIGUGUR- Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, menghadiri ulang tahun/milangkala ke-42 Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kamis (29/9/2022) pagi. Kedatangan Wakil Bupati Kuningan, disambut langsung Kepala Desa Cisantana Ano Suratno dengan pengalungan bunga, diiringi upacara adat penyambutan.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Kuningan Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kuningan dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM, Camat Cigugur Yono Rahmasyah, S.STP beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Cigugur, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Kunigan, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena dapat hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Cisantana untuk merayakan HUT desa, serta memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintahan Desa Cisantana yang telah menginisiasi diselenggarakannya ulang tahun desa yang ke-42 dengan menggelar berbagai acara budaya yang melibatkan masyarakat setempat.

“Pada kesempatan ini juga, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, mengucapkan Wilujeung Milangkala yang ke-42, semoga masyarakat Desa Cisantana selalu diberi kecukupan rejeki, kesehatan yang sempurna, dan kebahagiaan yang hakiki, sehingga masyarakatnya hidup sejahtera,” Ucap Wabup.

Selanjutnya Wabup berharap, melalui ulang tahun desa, dapat menjadi momentum untuk merefleksikan diri dan mengevaluasi segala hal di tahun sebelumnya. Sehingga kedepan, sambungnya, Cisantana dapat menjadi desa yang mandiri, unggul disegala bidang pembangunan dengan tatanan masyarakat yang semakin sejahtera.

“Intinya, setiap dari kita harus memiliki kualitas yang bisa dikeluarkan dan dikembangkan dari waktu ke waktu. Sehingga ketika kita sudah mencapai keunggulan masing-masing individu, maka masyarakatnya akan makmur dan desanya akan pinunjul, selaras dengan Visi KUNINGAN MAJU,” terang Wabup.

Sementara, Kepala Desa Cisantana Ano Suratno mengatakan, digelarnya perayaan HUT desa merupakan wujud ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan kepada Desa Cisantana. Selain itu, bertujuan menghimpun seluruh komponen masyarakat agar bersatu padu mewujudkan tujuan pembangunan desa yang maju.

“Tema peringatan Milangkala ke-42 Desa Cisantana kali ini adalah Cisantana Ngahiji, Cisantana Kahiji. Ini berarti mewujudkan persatuan seluruh warga desa untuk menuju Desa Cisantana yang unggul,” ujarnya.

Adapun, melalui peringatan ulang tahun Desa Cisantana, dikatakan Ano, dimaksudkan untuk mengedukasi sejarah kepada masyarakat, khususnya generasi muda. “Selain itu agar masyarakat tahu juga batas-batas wilayah desa dan potensi desa, mulai dari sumberdaya alam, potensi budaya lokal dan keseniannya,” pungkas Ano.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan deklarasi Desa Cisantana sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan. Disaksikan tamu undangan dan masyarakat, Wakil Bupati Kuningan didampingi Kepala Dinas Kesehatan, menyerahkan secara langsung Sertifikat ODF kepada kepala desa.

Sebagai informasi, perayaan milangkala Desa Cisantana akan digelar hingga Minggu (2/10/2022). Adapun rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan diantaranya, upacara adat, bazar UMKM, berbagai festival seni dan pagelaran wayang golek.


(www.kuningankab.go.id)

 

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close