Recent Tube

Mendengarkan Megaswara 89.8 Fm

Peringati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional 2022, Bupati Buka Kick Off Penyuluhan dan Sikat Gigi Bersama.

For mania mega:


 KUNINGAN,- Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) tahun 2022, sejumlah 2538 anak yang tersebar di lima Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan serentak melakukan sikat gigi bersama. Bupati Kuningan, H. Acep Purnama SH.,MH membuka Kick Off Kegiatan Penyuluhan dan Sikat Gigi Bersama ditandai dengan pelepasan Balon ke udara di dampingi Wabup, Sekda dan Jajaran dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Kuningan, Senin (12/9/2022) di Halaman Setda Kabupaten Kuningan Usai Apel Pagi.

Bupati Acep dalam Sambutannya, menyampaikan apresiasinya kepada PDGI Kabupaten Kuningan telah menyelenggarakan kegiatan tersebut, pasalnya kegiatan tersebut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya merawat gigi.

“ Atas nama pemerintah Kabupaten Kuningan kami menyambut baik sekaligus menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan kick off hari kesehatan gigi nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh indonesia pada hari ini tanggal 12 september 2022. Yang dimana di isi dengan penyuluhan dan sikat gigi bersama di 5 (lima) Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Pada anak sekolah, masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang penting karena tidak saja menyebabkan keluhan rasa sakit, tetapi juga menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lain sehingga mengakibatkan menurunnya produktivitas. dan sebagai bentuk kepedulian persatuan dokter gigi indonesia terhadap hal tersebut maka dilaksanakan kegiatan sikat gigi massal dalam memperingati hari kesehatan gigi nasional. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan sebagai momentum kepedulian persatuan dokter gigi indonesia khususnya PDGI Cabang Kabupaten Kuningan pada kesehatan gigi dan mulut dalam skala nasional” Tutur Acep.

Lanjutnya, Kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang tidak hanya berpengaruh terhadap rongga mulut serta fungsi pengunyahan, namun dapat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung. kesehatan gigi yang dipelihara dengan baik sejak dini dapat berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan di kemudian hari.

“Gigi ini penting dirawat dengan baik, karena terkadang sumber penyakit dari gigi yang kotor. Atas nama pemerintah Kuningan menyampaikan apresiasi kepada persatuan dokter atas acara ini, mengajak anak-anak untuk bersosialisasi bersikat gigi yang benar dan menyampaikan ke elemen masyarakat, betapa pentingnya memelihara gigi,” katanya.

Untuk itu besar harapan kami dalam pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan baik. tentunya pemerintah kabupaten kuningan akan selalu mendukung kegiatan PDGI khususnya PDGI cabang kabupaten kuningan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Kuningan, kami mengharapkan OPD yang terkait dengan upaya ini ikut berpartisipasi mendukung baik secara moril maupun material, sambung Bupati Acep.

Sementara itu, drg. Cep Heri Purnama Sakti dari PDGI wilayah Kabupaten Kuningan menyampaikan jika kegiatan sikat gigi sehat ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka pencapaian rekor MURI SIGIBER dengan jumlah kurang lebih 500 Ribu Siswa. Penyelenggaraan Kegiatan Kickoff HKGN Kabupaten Kuningan berupa penyuluhan dan sikat gigi bersama di 5 Lokasi Sekolah Dasar.Untuk di Kabupaten Kuningan sendiri diikuti 2538 siswa dari 5 Sekolah Dasar diantaranya SDN 17 Kuningan, SDN 2 Kuningan, SDN 1 Awirarangan, SDN Cijoho, dan SDN 1 Ciporang. 

“Mengangkat tema Pulih bersama dengan senyum sehat indonesia, kegiatan ini meliputi sikat gigi bersama dan edukasi penyuluhan pada anak Sekolah Dasar. Diharapkan dari kegiatan HKGN, anak-anak menjadi lebih paham tentang kesehatan gigi dan mulut dan menekan angka varies sekaligus membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

drg. Cep Heri Purnama Sakti kemudian menambahkan jika merawat gigi agar sehat dapat dilakukan dengan sikat gigi sebanyak 2 kali sehari, dan dianjurkan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

“Kesadaran masyarakat dalam merawat gigi masih harus ditingkatkan lagi, masih kurang kesadaran masyarakat untuk perawatan gigi, padahal kesehatan gigi ini sangat penting,” kuncinya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan Piagam Penghargaan yang ditandatangani oleh drg. Usman Sumantri, M.Sc Ketua PB PDGI untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan atas peran serta dalam Hari Kesehatan Gigi Nasional 2022, Pemecahan Rekor Muri Sikat Gigi Pagi dan Malam . Pada kegiatan ini hadir  Wakil Bupati Kabupaten Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si., Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, Uca Somantri , Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kuningan, dr. Susi Lusiyanti ,  Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kuningan, dr. H. Asep Hermana, serta tamu lainnya. 

(www.kuningankab.go.id)

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments

close
close
close